Positif Covid-19 Terus Melonjak, 71 Kasus Tercatat dari Gempol

2553
MASSAL: Rapid test massal yang digelar di PT. ATI, Kamis (11/06/2020). Foto: Istimewa.

Pasuruan (WartaBromo.com)- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan harus bekerja ekstra untuk mengendalikan kurva kasus positif Covid-19 yang grafiknya terus melonjak.

Data per Senin (15/06/2020) tercatat 184 warga Kabupaten Pasuruan terkonfirmasi positif Covid-19. Angka itu meningkat tajam setelah terjadi penambahan 29 kasus dalam sehari kemarin!

Yang layak dicermati, adalah Kecamatan Gempol sebagai wilayah dengan kasus terkonfirmasi paling banyak. Betapa tidak, dari 184 kasus, 71 di antaranya berasal dari kecamatan ini.

Itu berarti untuk satu Kecamatan Gempol saja, memberi kontribusi hampir separo dari jumlah keseluruhan kasus yang ada.

Terkait situasi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan mendorong Gugas Covid-19 melakukan upaya-upaya strategis untuk menahan laju penyebaran.

“Kedua, kami juga meminta agar ada upaya untuk percepatan penyembuhan pasien agar mencapai 50 persen,” kata Sudiono via aplikasi percakapan.

Secara khusus, Sudiono juga mengomentari Kecamatan Gempol yang mendominasi jumlah kasus di kabupaten. Dirinya meminta Gugas membuat treatment khusus untuk mencegah penularan.

“Untuk Klaster Gempol (saya sebut gitu saja, karena banyak sekali), kita dorong agar ada penanganan khusus oleh Gugus Tugas Kabupaten,” jelasnya.

Kritikan lebih tajam datang dari Lujeng Sudarto. Direktur Pusat Studi Kebijakan (Pus@ka) ini pemerintah tidak serius dalam menangani pandemi ini.

“Makin ke sini makin memble. Coba lihat, razia penertiban protokol kesehatan semakin jarang. Kegiatan petugas atau polisi untuk menertibkan kerumunan sudah jarang dilakukan,” tegasnya.

Menurut Lujeng, tinggi rendahnya kurva kasus positif sangat dipengaruhi kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal itu diperparah dengan kerja tim satgas yang dinilainya tanpa arah.

Baca juga: Kian Merebak, Kini 29 Warga di Kabupaten Pasuruan Terpapar Corona

Seperti diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 Kabupaten Pasuruan meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir. Hingga Senin (15/06/2020), jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 184 orang dengan angka kematian mencapai 21 persen (20 orang). (asd/ono)