Selama 2 Hari, Positif Covid-19 Kabupaten Pasuruan Dicatat 6 Kasus

5368

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selama 2 hari terakhir, Kabupaten Pasuruan mencatat 6 warga terkonfirmasi positif virus corona. Keseluruhan pasien masuk dalam perawatan rumah sakit luar daerah.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan pada Senin (22/6/2020), hari ini, ada dua warga Kabupaten Pasuruan dinyatakan positif, terdiri dari  perempuan (63) dari Kecamatan Prigen dan perempuan (60) Desa Baujeng, Kecamatan Beji.

Kedua warga ini merupakan pasien yang dirawat di rumah sakit Malang dan Surabaya. Hanya saja, tidak ada keterangan terkait riwayat kesehatan maupun kapan kedua warga ini mulai masuk rumah sakit (MRS). Gugus tugas sebatas menerima laporan, jika berdasarkan swab yang keluar hari ini, warga Kabupaten Pasuruan dinyatakan positif.

“Hari ini kami menerima laporan ada dua warga Kabupaten Pasuruan yang terkonfirmasi Covid-19. Dua-duanya pasien di Rumah Sakit di luar Kabupaten Pasuruan. Warga Prigen dirawat di RS Premier Surabaya, dan warga Beji di RSSA Malang,” kata Anang.

Baca Juga :   172 Warga Kota Pasuruan Dapat Bantuan RTLH dari Pemkot

Sementara itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan juga mencatat ada 1 PDP Covid-19 dan 1 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia, hari ini.

Dijelaskan Anang, PDP yang meninggal adalah laki-laki (51) dari Desa Sambirejo, Kecamatan Rejoso. Ia masuk RSUD Grati pada Minggu (21/6/2020) dengan diagnosa pneumonia sekaligus TBC, dan meninggal dunia hari ini.
“PDP dari Rejoso ini meninggal tadi siang jam 11.30 WIB dan sudah dimakamkan sekitar pukul 17.00 WIB,” singkatnya.

Sedangkan pasien yang meninggal dunia dengan status positif Covid-19 adalah laki-laki (49) dari Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol. Lelaki ini meninggal dunia sekitar pukul 12.00 WIB dan telah dimakamkan sesuai protokol kesehatan layaknya jenazah Covid-19.

Baca Juga :   Bersih-bersih Sampah di Sungai, Ular Sanca Kembang Nyangkut di Eskavator

“Diagnosanya pneumonia, dan sudah dimakamkan sekitar pukul 17.00 WIB,” terangnya.

Sedangkan pada Minggu (21/6/2020) kemarin, 4 warga Kabupaten Pasuruan, dilaporkan positif.
Keempat warga ini merupakan pasien dari rumah sakit luar Kabupaten Pasuruan, di antaranya laki-laki (62) Desa Winong, Kecamatan Gempol, yang dirawat di RSUD Sidoarjo.

Kemudian laki-laki (59) dari Kelurahan Kolursari, Kecamatan Bangil pasien RSI Unisma Malang; laki-laki (40) Desa Mlaten, Kecamatan Nguling, dirujuk ke RSUD Dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo; dan perempuan (27) dari Desa/Kecamatan Gempol dirawat di RSUD Sidoarjo.

Anang mengungkapkan, jika pihaknya belum menerima informasi terperinci perihal riwayat kesehatan dari keempat warga ini.

Apabila dikalkulasikan, jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang terkonfirmasi Covid-19 hingga hari ini mencapai 279. Jumlah tersebut terdiri dari 118 orang dari Gempol, 34 warga Bangil, 21 warga Beji, 13 warga Pandaan, 9 warga Prigen, dan 10 warga Kraton.

Baca Juga :   Mengais Rezeki dari KTP Rusak

Positif juga pada 16 warga Purwosari, 5 warga Puspo, 9 warga Rembang, 10 warga Purwodadi, 5 warga Gondangwetan, 6 warga Grati, 1 warga Kejayan, 2 warga Lekok, 1 warga Lumbang, 7 warga Nguling, 1 warga Pasrepan, 8 warga Sukorejo, 4 warga Rejoso, 2 warga Pohjentrek, dan 3 warga Tutur.

Kecamatan Tosari, Winongan, dan Kecamatan Wonorejo sampai warta ini ditulis belum ada laporan kasus positif Covid-19.

Jumlah PDP sampai hari ini sebanyak 228 orang (10 PDP baru), jumlah ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 289, dan OTG (orang tanpa gejala) mencapai 339 orang (ada 112 orang per hari ini). (mil/ono)