Begini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

3180

Lumajang (WartaBromo.com) – Jelang Idul Adha, warga berbondong-bondong untuk membeli hewan kurban. Sebelum membeli, pastikan hewan kurban juga dalam kondisi sehat.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Lumajang, drh. Rofiah mengatakan, ada beberapa hal yang bisa diamati untuk memilih hewan kurban.

“Pilih hewan sehat dalam segi fisik kelihatan sehat, tidak cacat, cukup umur. Kambing usia minimal 1 tahun poel 1 pasang. Sapi minimal 2 tahun poel satu pasang,” jelas drh. Rofiah.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dicermati oleh warga untuk memastikan hewan kurban sehat. Seperti hewan kurban terlihat lesu, tak bersemangat.

“Terlihat secara fisik, nafsu makan turun, suhu lebih tinggi (demam), terlihat lesu,” tambahnya.

Jika secara fisik, hewan terlihat sehat, namun ada juga kondisi bagian dalam hewan ternyata bermasalah. Maka dari itu, relawan dari Dinas Pertanian berkeliling ke tempat pemotongan hewan untuk melihat kondisi hewan pasca disembelih.

“Secara patologi, diperiksa setelah dipotong. Untuk pemeriksaan jeroan, kita periksa semua. Seperti jika menderita penyakit antrax, limfanya membengkak. Cacing di bagian hati, ini kita buang yang ada cacingnya, tidak boleh dimakan,” lanjut perempuan berhijab ini.

Untuk lebih memudahkan, Dinas Pertanian meminta warga membeli hewan kurban di tempat yang berizin. Selain itu, petugas juga telah menempelkan stiker yang menyatakan hewan yang dijual pedagang sehat dan layak kurban. (may/ono)