Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkot Pasuruan Bentuk 3 Tim Penggerak Terpadu

1121

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan gelar apel akbar sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan percepatan penanganan Covid-19. Sebanyak 3 tim yang dibentuk untuk bergerak membantu penanggulangan penyebaran Covid-19.

Kokoh Arie Hidayat, Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, mengungkapkan, ada 3 tim yang secara terpadu dibentuk. Mereka antara lain, tim sosialisasi yang terdiri dari pejabat ASN Pemkot Pasuruan.

Sementara TNI, POLRI, Satpol PP, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) masuk dalam tim operasi penegakan disiplin protokol kesehatan. Satu lainnya yakni tim gerakan memakai masker bersama yang diisi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Nasional (DP3AKB).

Nantinya, ketiga tim tersebut memiliki tugas masing-masing sesuai ketentuan.

“Tim sosialisasi bertugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat, tempat-tempat usaha, tempat keramaian agar menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, dan menerapkan physical distancing atau jaga jarak,” ujar Kokoh, saat menjadi Inspektur Apel, Kamis (6/8/2020).

Lebih lanjut dikatakan, tim operasi bertugas untuk menegakkan Peraturan Walikota Pasuruan Nomor 35 Tahun 2020 tentang pedoman pola hidup bersih, sehat, disiplin, dan produktif pada masa pandemi corona virus disease 2019 menuju tatanan normal baru.

Selain itu Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 yang ditandatangani 04 Agustus 2020 oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo juga menjadi landasannya. Di mana instruksi tersebut berisi tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Sekadar diketahui, meski melangsungkan apel akbar di halaman BKD Kota Pasuruan, seluruh peserta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. (bel/**)