Giliran Truk Muatan Kayu Disasak KA di Gerongan

860
APES: Truk bermuatan kayu yang tertabrak KA di Gerongan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Rabu (30/09/2020). Foto: Miftahul Ulum.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebuah truk pengangkut kayu bernopol S 8077 US tertabrak kereta api saat melintas di Gerongan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang berlangsung sekitar pukul 13. 35 itu. Pengemudi truk, Kusen Dramono (58) warga Kota Pasuruan hanya syok.

Keterangan yang dihimpun di lokasi, peristiwa itu bermula saat truk berwarna merah melaju dari selatan. Kusen, sang sopir hendak mengirim kayu ke pabrik.

Saat melewati perlintasan tak berpalang, sebuah kereta api tiba-tiba muncul dari barat. Kusen yang terlambat menyadari memaksakan truknya melaju.

Bagian depan truk berhasil lolos dari jalur. Tapi, tidak dengan bagian belakangnya. Akibatnya, kereta dengan kecepatan tinggi itu pun menyantapnya.

“Saya tidak tahu kalau ada kereta yang mau lewat. Pas sudah jalan, baru tau. Ban depan berhasil masuk (lewat). Tapi, bagian belakang kena,” kata Kusen di lokasi.

Akibat kejadian itu, bodi truk terpelanting hingga menyebabkan kayu berserakan di sekitar lokasi kejadian.

Menurut Kholili, penjaga perlintasan mengatakan, sebelumnya ia sempat berusaha meneriaki sopir. Namun, rupanya sang sopir tidak mendengar.

“Sudah saya teriaki. Tapi mungkin tidak dengar jadi jalan terus,” ungkap kholili.

Sekitar 14.00, kereta sudah bisa melanjutkan perjalanan. Itu setelah kayu yang menghalangi rel disingkirkan. Sampai berita ini ditulis, warga dan karyawan pabrik masih membersihkan kayu yang berserakan.

Dalam kecelakaan ini tidak ada korban jiwa. Hanya kerusakan bodi truk yang dikendarai Kusen. Truk sampai saat ini belum dievakuasi.

Peristiwa ini merupakan yang kedua dalam 10 hari terakhir. Sebelumnya, insiden serupa terjadi di perlintasan Yonkav 8 Beji. (trm/asd)