Soal Akun FB Catut Foto Kiai, Ponpes Nurul Jadid Lapor Polisi

630

Paiton (wartabromo.com) – Sebuah akun Facebook gunakan foto pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo hingga dinilai berpeluang digunakan untuk menipu. Meski belum ada korban, pihak ponpes melaporkan akun palsu tersebut ke polisi.

Laporan itu, dilakukan oleh bagian advokasi Ponpes Nurul Jadid pada Rabu siang, 28 Oktober 2020. Mereka melaporkan akun Facebook atas nama Khmohammad Zuhri Zainy.

Perkaranya, akun ini menggunakan foto KH. Zuhri Zaini, selaku pengasuh Ponpes Nurul Jadid, sebagai foto profil.
Penggunaan nama dan foto itu, tanpa izin dari putra KH. Zaini Mun’im tersebut.

Padahal kiai kharismatik tersebut tidak punya akun media sosial (medsos), termasuk facebook. Sehingga berpotensi adanya penyalahgunaan akun itu untuk penipuan.

“Kami awalnya tahu akun itu dari gambar screenshot dikirim wali santri yang dikirim di WhatsApp grup (WAG) pesantren. Kemudian kami tindaklanjuti dan kami pastikan akun tersebut palsu. Karena itu, kami laporkan pencatutan itu ke polisi,” ujar Humas Pesantren Nurul Jadid, Ernawiyadi.

Ia menduga pembuat akun palsu itu bermaksud mencari keuntungan dengan mengatasnamakan kiai. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima satupun laporan adanya korban. Baik kerugian material maupun inmaterial yang ditimbulkan oleh akun abal-abal tersebut.

“Kami harap laporan ke Polres Probolinggo ini segera mungkin ditindaklanjuti. Untuk mengantisipasi adanya korban yang dirugikan dengan menggunakan akun palsu tersebut,” sebut Ernawiyadi.

Terkait itu, Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP Rizki Santoso berjanji secepat mungkin mengusut, sebelum ada laporan warga yang dirugikan oleh akun palsu tersebut.

“Kami duga akun tersebut akan digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menipu, sehingga menggunakan nama dan foto kiai,” duganya.

Sebagaimana diwartakan, sejak akhir pekan lalu, muncul akun facebook dengan nama Khmohammad Zuhri Zainy. Lewat tangkapan layar (screenshot), akun ini banyak dibagikan alias viral di medsos. Mulai WhatsApp, Telegram, juga di Facebook.

Akun itu, memakai foto, KH. Moh Zuhri Zaini selaku pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo sebagai gambar profil. Pada akun tersebut terdapat keterangan: Bila ada kesulitan dengan perekonomian silahkan bisa hubungi ke dalem KH. Zuhri Zainy langsung. (saw/ono)