Tanaman Kayu Putih Ditanam Anak Motor di DAM Pleret

544
Kepulan asap dari cerobong insenerator PT PRIA di Lakardowo. Foto: Asad Asnawi.

Pasuruan (wartabromo.com) – Siapa bilang anak motor tidak punya kepedulian terhadap lingkungan dan alam. Buktinya, komunitas anak motor dan gabungan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) menggelar aksi menanam pohon di DAM Pleret Kabupaten Pasuruan.

“Ada puluhan bibit pohon mangga dan kayu putih yang kami tanam di lokasi eduwisata Dam Pleret Pasuruan, ” kata Koordinator Acara Eko Mulyono.

Menurut Eko, aksi peduli itu merupakan hasil kolaborasi Bold Riders Pasuruan dan Pokdarwis Dam Pleret 1904.

“Komunitas motor Bold Riders yang terlibat kegiatan ini terdiri dari YVC-I US, Byson Independent, HBC US, dan GCI. Hadir juga fans club Pena Real Madrid Indonesia (PRMI), United Indonesia (UI), serta pokdarwis, ” terangnya.

Dijelaskan, Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat. Harapannya setelah tumbuh nanti bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pengobatan. Sedangkan bibit mangga yang ditanam adalah mangga apokat yang keberadaannya belum banyak di Pasuruan.

Untuk diketahui, Selain kegiatan penghijauan, kolaborasi komunitas SuperSoccer, Bold Riders, dan Pokdarwis Heppiii Community ini juga membagikan makanan kepada pengguna jalan seperti tukang becak, ojek online dan pengguna jalan lainnya di seputaran kantor PMI Pasuruan. Kegiatan itu sendiri dikomandoi oleh komunitas Fans Club yang tergabung dalam Super Soccer Pasuruan.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu. (yog/yog)