Dapur Umum Dibuka, Begini Proses Distribusinya

682
Warga dan petugas menyiapkan logistik di dapur umum untuk dibagikan kepada korban banjir di Kedungringin, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Senin (2/11/2020). Foto: Romadoni.

 

Beji (WartaBromo.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membuka dapur umum guna mensuplai makanan kepada korban banjir di Desa Kedungringin, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Senin (2/11/2020).

Fasilitas darurat itu berlokasi di rumah Kepala Desa setempat, Riski Wahyuni yang kebetulan tidak terdampak banjir.

“Di desa ini hanya ada satu titik dapur umum, kebetulan di rumah saya. Sudah disiapkan sejak Minggu (1/11/2020),” ujar Riski kepada WartaBromo, Senin (2/11/2020).

Beberapa warga dan aparat kepolisian hingga TNI turut membatu menyiapkan kebutuhan makanan yang nantinya didistribusikan kepada warga.

Riski mengungkapkan, distribusi bantuan akan dilakukan dengan melibatkan perangkat desa setempat. Logistik akan diambil di posko dapur umum, setelah itu disebar ke para korban.

Bantuan yang diberikan yakni berupa makanan. “Nanti akan kami sebar di beberapa dusun yang terdampak,” katanya.

Beberapa bantuan sudah didistribusikan, yakni air bersih, perahu dan makanan. Untuk obat-obatan pihaknya masih menunggu bantuan dari BPBD Kabupaten Pasuruan yang nantinya akan segera merapat.

“Nanti sore rencananya tim Tagana segera memberikan bantuan,” tandasnya saat diwawancarai, Senin (2/11/2020) pagi.

Untuk saat ini, ketinggian air masih berada di 30-80 cm. Diketahui, beberapa Dusun yang terdampak banjir di Desa Kedungringin hampir merata, yakni, Dusun Kedungringin Selatan, Dusun Kedungringin Tengah.

Kemudian, Dusun Kedungringin Utara, Dusun Ngayunan, Dusun Gresikan, Dusun Ngampel, Dusun Balungrejo, Dusun Bahrowo dan Guyangan. (don/asd)