WhatsApp Luncurkan Fitur Pesan Sementara, Begini Cara Pakainya

950

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – WhatsApp kembali menghadirkan fitur baru dalam aplikasi. Kali ini, WhatsApp meluncurkan fitur untuk menjadwalkan pesan hilang otomatis.

Mengutip CNN Indonesia, pesan teks, foto dan video dapat dijadwalkan agar hilang otomastis setelah 7 hari. Bukan hanya chat personal, tapi chat di grup juga bisa menggunakan fitur tersebut. Tapi, untuk grup chat, admin perlu mengaktifkan pilihan fitur hilang otomatis supaya anggota grup bisa menggunakan fitur tersebut.

Ketika memanfaatkan fitur tersebut, pesan akan hilang untuk pesan yang sudah dibaca ataupun belum. Perhitungan dimulai saat pesan terkirim. Namun, ketika pesan sementara tersebut tidak akan hilang ketika chat diteruskan. Begitu pula ketika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut.

Sementara itu, untuk foto atau video, pesan sementara hanya berlaku ketika pengguna mengaktifkan unduh otomatis. Jadi, meskipun foto atau video hilang di ruang chatting, file tetap ada di telepon.

Fitur pesan sementara ini bisa dinikmati pengguna Android, iOS, KaiOS, bahkan WhatsApp Web ataupun desktop. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Untuk pengguna Android, iOS dan WhatsApp Web ataupun desktop bisa mengikuti langkah berikut:

1. Buka obrolan WhatsApp;
2. Pilih salah satu kontak di WhatsApp;
3. Klik disappearing messages (pesan hilang);
4. Lalu klik continue (lanjutkan);
5. Pesan akan hilang dalam tujuh hari.

Sedangkan pengguna KaiOS, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka obrolan WhatsApp;
2. Klik options (pilihan) > view contact (lihat kontak) > klik ok;
3. Pilih disappearing messages (pesan hilang) > klik edit;
4. Pilih on > ok.

Selamat mencoba. (bel/ono)