Nilai Keamanan dan Efektivitas Vaksin Covid-19

941

“Perlindungan pada pasien didapat 28 hari setelah dosis pertama dan 7 hari setelah penyuntikan kedua,” ujar Dewi.
Oleh karena itu masyarakat hendaknya jangan anti terhadap vaksin Covid-19. Selama ini masyarakat banyak menerima informasi dari orang-orang yang kurang kompeten sehingga banyak salah faham.

Carilah informasi dari organisasi profesi atau organisasi kesehatan yang terpercaya. Sebegitu ketat dan hati-hatinya proses pembuatan, pengajuan, pengkajian, dan uji klinik vaksin Covid-19 ini.

“Mengapa harus ragu dan anti vaksin? Semoga masyarakat segera sehat, ekonomi segera bangkit. Semangat,” harapnya.

Imunisasi Bentuk Kekebalan Tubuh Dalam Hadapi virus Covid-19

Vaksin tidak membuat seseorang bisa menjadi kebal terhadap Covid-19. Sebab vaksin bukanlah satu-satunya cara untuk bisa mencegah penularan dari Covid-19. “Tetapi harus kita pahami dengan benar, bahwa dengan imunisasi maka akan memicu pembentukan kekebalan tubuh kita dalam menghadapi virus Covid-19,” kata Juru Bicara Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Baca Juga :   Gelombang Mudik Picu Lonjakan ODP di Probolinggo

Hanya saja terang Dewi, setelah diimunisasi maka tubuh akan mengenali. Artinya, tubuh akan mengenali adanya virus/bakteri yang akan masuk, melawan penyakit dengan memproduksi antibodi dan mengingat penyakit dengan cara melawannya.

Bila terserang kembali, antibodi dapat segera menghancurkan virus/bakteri sebelum kita sakit. Imunisasi tetap harus dilakukan terhadap diri, keluarga, dan masyarakat agar terhindar dari penyakit menular, termasuk Covid-19. “Selain imunisasi, disiplin protokol kesehatan tetap wajib kita lakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

———————————————————————————————————————

Penulis : SONY WAHYU WIRAWAN
Instansi : Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian
Daerah : Kabupaten Probolinggo