Awas! Potensi Banjir Meningkat pada 2021

1143

Pasuruan (WartaBromo.com) – Curah hujan di Jawa Timur diprakirakan meningkat hingga 80%. Akibatnya, peluang terjadinya banjir juga semakin besar.

Hal ini diungkap oleh Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kata Dwikorita, Jawa Timur masuk dalam wilayah yang diprakirakan mengalami peningkatan curah hujan.

“Diprakirakan akan mendapatkan peningkatan curah hujan 40 persen hingga 80 persen lebih tinggi dari curah hujan di tahun 2020,” ungkapnya dalam keterangan resmi BMKG.

Selain Jawa Timur, sebagian Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara hingga Sumatera juga mengalami peningkatan curah hujan. Akibatnya beberapa wilayah tersebut berpeluang banjir lebih besar.

“Peningkatan curah hujan tersebut berpotensi meningkatkan peluang banjir di Indonesia pada bulan Januari – Maret 2021, khususnya di Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua,” tutupnya.

Baca Juga :   Diguyur Hujan Lebat, Rumah Warga Gending Terendam Banjir

Sekadar informasi, pada akhir Desember ini, sebanyak 85% wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Musim hujan tahun ini dan 2021, diwarnai oleh latar belakang fenomena iklim global La Nina. La Nina mulai sejak awal Oktober 2020, dan diprediksi akan berlangsung hingga Mei 2021. (may/ono)