Wali Kota Pasuruan Buka Lokakarya Kampung KB Tahun 2020

776

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo secara resmi membuka Lokakarya Kampung KB Tahun 2020 tingkat kota. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung mulai Senin (28/12/2020) sampai dengan Selasa (29/12/2020) di Hotel Transit Kota Pasuruan.

Lokakarya tingkat kota tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), diperuntukkan bagi pengelola kampung KB se-Kota Pasuruan.

Teno berharap kampung KB menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait.

Lebih lagi, kampung KB juga diharapkan menjadi langkah implementasi kegiatan prioritas yang memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target/sasaran yang telah ditetapkan.

Tidak hanya itu, ia juga berharap, adanya kampung KB memberikan manfaat berupa perluasan cakupan penggarapan program KKBPK yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Sebagaimana tercantum dalam UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan berbagai kegiatan prioritas.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta organisasi perangkat daerah (OPD) dan mitra program dalam mendukung tumbuh kembang kampung KB.

Sekadar diketahui, peresmian pembukaan lokakarya Kampung KB 2020 ini dihadiri 155 kepala organisasi perangkat daerah, anggota pokja kampung KB sebanyak 12 orang, camat, lurah, pokja kampung KB sebanyak 114 orang, dan 21 penyuluh KB.

Tak ketinggalan kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, penyuluh KB se-Kota Pasuruan, kepala Bapelitbangda Kota Pasuruan. Bahkan hadir juga pejabat Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, serta Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan. (trj/**)