Penyebab Pemerintah Tiadakan Rekrutmen Guru CPNS Tahun Depan

1393

 

Jakarta (WartaBromo.com) – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ditiadakan pada 2021, dan diganti dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Ketidakseimbangan sistem distribusi guru disebut jadi penyebabnya.

Hal ini diungkapkan Bima Haria Wibisana, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam keterangan persnya. Kata Bima, selama 20 tahun terakhir, ada ketidakseimbangan sistem disribusi guru antardaerah secara nasional.

“Karena apa? Karena kalau PNS, setelah mereka bertugas empat sampai lima tahun, biasanya mereka ingin pindah lokasi dan itu menghancurkan kemudian sistem distribusi guru secara nasional,” jelasnya dinukil dari Antara.

BKN kemudian mengupayakan segala cara untuk menyelesaikan hal tersebut. Namun berakhir sia-sia karena rekrutmen CPNS untuk formasi guru tetap dibuka.

“Jadi ke depan, sistemnya akan diubah menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,” lanjutnya.

Rencananya, akan ada 1 juta formasi untuk guru dengan status PPPK tahun 2021. Rekrutmen terbuka bagi semua guru honorer, baik negeri maupun swasta, asal terdaftar di Data Pokok Pendidikan serta Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar. (may/ono)