Muncul Wacana Kabupaten Pasuruan Jadi Tuan Rumah Porprov 2024

377
PIMPINAN SIDANG: Abdurrahman Alydrus saat memimpin sidang dalam Musorkab KONI Kabupaten Pasuruan didampingi Irawan Hari (kiri) dan Febri Hariadi.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Prestasi olahraga di Kabupaten Pasuruan yang terus beranjak naik ditangkap sebagai peluang. Salah satunya muncul wacana agar Kabupaten Pasuruan siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2024 atau periode mendatang.

Peluang untuk mewacanakan tuan rumah Porprov itu muncul di arena Musorkab KONI Kabupaten Pasuruan, Sabtu (09/01) kemarin. Wacana itu disuarakan Komisi 1 yang terdiri dari beberapa cabang olahraga (cabor).

Ketua Komisi 1, Yoyok menyebut ada beberapa usulan program dari komisinya. Salah satunya adalah Kabupaten Pasuruan harus siap menjadi tuan rumah Porprov periode mendatang.

“Ada beberapa usulan yang juga rekomendasi dari Komisi 1. Yang pertama, siap jadi tuan rumah Porprov VIII/2024,” katanya.

Selain usulan tuan rumah, komisi 1 juga merekomendasikan untuk Puslatcab ditambah manajer. Juga perpindahan atlet harus sesuai SOP. Selain itu, komisi 1 meminta ada pendataan atlet cabor.

PESERTA CABOR: Para peserta Musorkab dari pengurus kabupaten/cabang olahraga dibawah naungan KONI Kabupaten Pasuruan.

Dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Sabtu (9/1/2021), panitia membagi 28 cabor menjadi dua komisi. Sehingga masing-masing komisi berisi 14 cabor.

Komisi 1 berisi 14 Pengurus Kabupaten (Pengkab) atau cabor-cabor. Di antaranya, Fasi (aeromodeling), PASI (Atletik), PBSI (Bulu Tangkis), Perbasi (Basket). Kemudian PBVSI (Bola Voli), Gabsi (Bridge), POBSI (Angkat berat/besi), Percasi (Catur). Lalu ada PODSI, PDBI (Drumb Band), PJSI, Forki (Karate), Perkemi dan Pordasi (Berkuda).

Kemudian komisi 2 juga berisi 14 cabor. Yaitu, Perpani (Panahan), IPSI (Silat), PRSI (Renang), POSSI (Selam), PSTI, PSSI (Sepak Bola), Persani (Senam), T.I, Pelti (Tenis Lapangan), PTMSI (Tenis Meja). Juga ada W.I, Perwosi (Wanita Olahraga), MI dan FOPI.

Komisi 2 dipimpin oleh Hari Santoso dari Perpani. Dalam diskusi bersama komisinya, Hari mengusulkan kepada pengurus KONI periode mendatang agar ada peningkatan honor pelatih. Dan juga dana Puslatcab bisa ditambah.

PEMILIHAN FORMATUR: H Munir (kiri) dan dr Ugik Setyo Darmoko berjabat tangan sebelum pemilihan untuk memilih satu formatur pendamping. Dalam pemilihan itu, H Munir mendapatkan 14 suara. Dan dr Ugik 12 suara. Satu suara dari cabor abstain.

Sebagaimana diberitakan, Musorkab adalah pemegang kekuasaan tertinggi dari KONI Kabupaten Pasuruan. Musorkab digelar 4 tahun sekali. Hal ini tertuang dalam Anggaran Dasar KONI tahun 2017 pasal 27 ayat (1).

Dalam Musorkab memuat tiga materi pokok. Yakni, berupa rancangan susunan jadwal acara dan rancangan tata tertib. Kedua, Laporan Pertanggungjawaban Pengurus masa bhakti 2017-2021. Dan ketiga, rancangan pokok-pokok program kerja pengurus 4 tahun mendatang.

Nah, salah satu agenda penting dalam Musorkab adalah pemilihan Ketua Umum dan tim formatur. Secara aklamasi, Ketua Umum terpilih adalah H Moch Mulyadi. H Mul selain ketua KONI Kabupaten Pasuruan periode 2021-2025, juga sebagai ketua tim formatur. Kemudian sekretaris formatur ditunjuk H Irawan Hari. Dan formatur pendamping berasal dari Cabor POSSI (Selam) yakni, H Munir.

Tim formatur inilah yang akan menyusun susunan kepengurusan KONI Kabupaten Pasuruan pada periode mendatang atau 4 tahun mendatang. (day/*)