Pemkab Lumajang Bakal Dirikan Pos Pantau di Curah Kobokan

637

Candipuro (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang akan membangun pos pantau di Curah Kobokan. Tujuannya, untuk memantau lahar dingin Semeru yang sewaktu-waktu datang dan melewati sungai Curah Kobokan.

Hal ini disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat melakukan peninjauan di Curah Kobokan, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro.

“Jadi sewaktu-waktu terjadi lahar dingin disini, akibatnya tidak hanya satu sisi di sini, tetapi juga di bawah banyak masyarakat yang bekerja dan beraktifitas di dekat aliran arus sungai Semeru. Apabila di sini terjadi lahar dingin segera disampaikan ke bawah agar segera ada langkah antisipasi,” ujarnya, Minggu (17/01/2021)

Cak Thoriq khawatir, adanya awan panas guguran sejak peningkatan aktivitas, menyebabkan bertambahnya materian endapan. Di tambah lagi adanya curah hujan yang cukup tinggi dan tidak menentu.

“Tentu endapan di atas lebih banyak lagi, yang dikhawatirkan kalau hujan sewaktu-waktu terjadi lahar dingin yang tidak bisa diantisipasi lebih awal,” ujarnya.

Belum diketahui pasti kapan pos pantau dibangun. Namun demikian, Cak Thoriq menyebut secepatnya, dan akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan. (rul/may/ono)