Datang Sebelum Adzan, Sholat Jumat di Masjid Jami’ Purwosari Dapat Duit Rp 4 Ribu

29189
Anggota Remaja Masjid Jami' Baitul Falah Purwosari Kabupaten Pasuruan, Adam Ma'aruf, saat membagikan uang ke anak - anak, Jumat (22/1/2021)

Purwosari (wartabromo.com) – Ada saja ide Remaja Masjid Jami’ Baitul Falah Purwosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur untuk menarik minat jamaahnya datang dan melaksanakan sholat Jumat di Masjid tersebut.

Bukan ide bagi – bagi makanan seperti yang sering kita jumpai di masjid – masjid lainnya. Tapi, ini justru bagi – bagi duit. Kok gitu?

Salah seorang anggota remaja masjid setempat, tampak berdiri di depan tangga pintu masjid Baitul Falah Purwosari, Jumat (22/1/2020) siang.

Suara qiro’ah masih berkumandang di speaker masjid ketika tampak sejumlah anak mendekatinya.

Tanpa basa – basi Ma’ruf pun langsung menyodori beberapa lembar uang yang diambil dari saku baju putihnya kepada anak – anak itu secara bergiliran. Usai menerima, para anak – anak itu pun masuk ke dalam masjid.

“Masing – masing anak – anak kita beri 4 ribu rupiah kalau yang datang awal. Kalau yang datang setelah adzan, kita kasih 2 ribu rupiah, ” ujar Ma’ruf.

Menurutnya, aksi bagi – bagi uang tersebut hanya dikhususkan bagi anak – anak agar gemar untuk ikut sholat Jum’at. Selain itu, juga membiasakan anak agar datang lebih awal ke masjid.

“Uangnya kita dapatkan dari para donatur terutama para orang tua yang ada di sekitar lingkungan Masjid, ” tambahnya.

Kegiatan bagi – bagi duit bagi anak – anak selama hari Jumat tersebut sudah berlangsung selama 6 bulan terakhir.

Usai menerima uang, sejumlah anak terkadang memasukkan kembali ke kaleng infaq masjid, sebagian digunakan untuk uang jajan usai pulang sholat Jumat. (yog/yog)

Simak videonya: