Awas, Jalan Berlubang di Jembatan Kedunglarangan Bangil!

1343

 

Bangil (WartaBromo.com) – Jalan jembatan Kedunglarangan, Kecamatan Bangil kembali rusak. Jalan yang menghubungkan Probolinggo-Pasuruan tersebut mengalami kerusakan cukup parah di beberapa titik.

Dari pantauan WartaBromo, kerusakan jalan terdapat di jembatan sebelah utara. Di ujung jalan sebelah barat, aspalnya bergelombang dan berlubang.

Kondisi yang sama juga dialami di bagian timur. Bahkan, sebagian aspal terkelupas dan memperlihatkan plat besi yang berkarat.

Tak hanya itu, di bagian tengah, jalan berlubang cukup dalam dan bergelombang. Beberapa kali, mobil harus mengurangi kecepatannya saat melewati jalan tersebut.

Terlihat salah salah satu mobil sempat bodi depannya bergesekan dengan aspal lantaran cekungan jalan terlalu dalam.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Pasuruan Ipda Moneta membenarkan kondisi jalan jembatan tersebut kerapkali mengalami kerusakan. Bahkan beberapa kali juga sudah diperbaiki oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Jawa Timur (BBPJN VIII).

Baca Juga :   Ugal-ugalan Pembangunan Tol Probowangi

“Jalan Jembatan Kedunglarangan itu memang seringkali rusak, beberapa kali kami mendampingi perbaikan jalan tersebut, tapi mudah sekali rusak. Pagi diperbaiki, sore sudah rusak lagi,” kata Moneta kepada Wartabromo, Senin (1/2/2021).

Ia juga menyebut, 3 hari yang lalu, Instansi terkait juga telah melakukan perbarbaikan. Namun kondisi jalan kembali rusak.

Terkait penyebab mudahnya kerusakan jalan tersebut, Moneta mengatakan, seperti yang disampaikan para pekerja BBPJN VIII, bahwa diduga terdapat ketidakberesan rangka bawah jembatan. Kerusakan di bawah mengakibatkan tidak kokohnya jembatan yang berakibat pada mudahnya aspal terkelupas.

“Kata para pekerja ketika kami mendampingi pengerjaan jalan, bahwa ada dugaan kerusakan rangka jembatan di bawah. Sehingga yang atas mudah rusak,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Siapkan Rp13 Miliar Benahi Jalan Sapih-Puncaksari

Untuk sementara, Moneta menghimbau, agar pengguna jalan untuk berhati-hati ketika melintasi jalan tersebut. Pengguna jalan juga diharap tetap berkonsentrasi, dan menerapkan protokol kesehatan dalam berkendara.

“Sementara ini, kami menghimbau agar pengguna jalan baik roda 4 maupun roda 2 agar berhati-hati dan konsentrasi saat berkendara agar aman sampai di tujuan,” pungkasnya.

  • Sementara itu, sampai berita ini ditulis, Kaur BBPJN VIII Gempol-Probolinggo belum merespon saat WartaBromo meminta tanggapan tentang rusaknya jalan tersebut. (oel/asd)