Kerahkan Alat Berat, Warga Bersihkan Tumpukan Sampah di Sungai

799
Warga menurunkan alat berat untuk membersihkan sampah dan tumpukan material di Kali Winongan. Foto: tangkapan layar.

 

Winongan (WartaBromo.com) – Sejumlah warga Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, membersihkan sampah yang menumpuk di aliran Sungai Rejoso. Satu alat berat dikerahkan untuk membantu membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Warga ini tergabung dalam relawan BERBAUR (Bekerja dan Berbagi untuk Rakyat). Korlap relawan, Syaifudin menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari.

Dalam video yang didapat WartaBromo, tampak material lumpur bercampur rimbunan bambu tersangkut di bawah jembatan winongan. Lalu satu buah alat mengeruk sampah-sampah tersebut.

“Winongan dan Rejoso ini kan banjir terus-terusan memang,” katanya kepada WartaBromo, Minggu (21/02/2021).

Dikatakan Syaifudin, urusan Sungai Rejoso sebenarnya merupakan kewenangan Pemprov Jatim. Namun selama ini ia menilai pemprov tidak pernah melakukan perawatan terhadap sungai tersebut.

Akhirnya ia bersama warga berinisiatif melakukan pembersihan secara swadaya dengan menyewa alat berat. Syaifudin menambahkan, kegiatannya membersihkan sungai ini tak hanya dua hari kemarin saja.

Sejak bulan November 2020 kemarin ia bersama warga melakukan pembersihan Sungai Rejoso. Menurutnya, aksi itu merupakan semacam bentuk protes karena tak pernah ada perhatian terhadap Sungai Rejoso.

Selama bulan November sampai saat ini, ada enam alat berat yang dikerahkan, tiga alat berat mereka dapatkan dari dukungan Pemkab Pasuruan, tiga lainnya mereka sewa secara swadaya.

“Ini karena sudah berapa puluh tahun ndak direken, ndak dilakukan perawatan,” imbuhnya. (tof/asd)