TV Analog Migrasi ke Digital, Ini Kelebihannya

2150

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Beralihnya TV analog ke digital yang sedang dilakukan di tanah air, bukan hanya sekedar mengikuti perkembangan teknologi. Melainkan karena sistem tersebut dinilai memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat.

Dinukil dari website resmi kpi.go.id, salah satu keuntungan yang didapatkan adalah bisa memangkas biaya investasi (capex) infrastruktur penyiaran. Apalagi pada dasarnya, biaya ini ditanggung bersama-sama oleh lembaga penyiaran.

Tidak hanya itu, adapan kelebihan lain yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Kualitas Siaran Lebih Stabil

Berbeda dengan TV analog yang sering mengalami gangguan saat cuaca buruk, TV digital justru tahan terhadap segala bentuk gangguan. Misalnya interfensi, gambar berbayang, suara rusak dan sebagainya.

Baca Juga :   Keren! Pria Asal Gondang Wetan Ciptakan Alat Tanam Padi dari Mesin Potong Rumput

Artinya, tv digital dapat terus menyiarkan gambar dan suara yang jernih sampai pada titik signal tidak dapat diterima lagi. Berbeda dengan tv analog yang harus dekat dengan lokasi stasiun pemancar televisi.

2. Memiliki Dua Status Penyiaran Digital

Perlu diketahui, TV digital nantinya hanya mengenal dua status, yaitu 1) terima atau 2) tidak. Artinya, apabila perangkat penerima siaran digital dapat menangkap sinyal, maka program siaran akan diterima. Sebaliknya, jika sinyal tidak diterima maka gambar-suara tidak muncul.

3. Suara dan Gambar Lebih Jernih

Kualitas suara dan gambar pada siaran tv digital jauh lebih baik dibandingkan dengan tv analog. Pada tv digital, Anda tidak akan menemui gambar yang berbayang atau noise (bintik-bintik semut) pada layar televisi.

Baca Juga :   Yuk Flashback Medsos Jadul Era 2000-an

4. Tersedia Berbagai Fasilitas Tambahan

Selain ketiga manfaat di atas, pengguna TV digital dapat mendapatkan beberapa fasilitas tambahan. Salah satunya, EPG (Electronic Program Guide) yakni fasilitas untuk mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan. (trj/may)