Tidak Ada Larangan Mudik Lebaran dari Pemerintah Tahun Ini

4236

 

Jakarta (WartaBromo.com) – Pemerintah tidak melarang warganya untuk melakukan mudik lebaran tahun ini. Namun, upaya penerapan protokol kesehatan dan tracing bakal digencarkan.

“Dapat kami kemukakan terkait dengan mudik 2021 pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dilansir dari Liputan6, Selasa (16/3/2021).

Meski demikian, pemerintah berupaya memperketat protokol kesehatan. Utamanya bagi warga yang akan bepergian pada lebaran tahun ini.

“Kami akan berkoordinasi dengan gugus tugas bahwa mekanisme mudik itu kita atur bersama dengan pengetatan dan melakukan tracing terhadap mereka-mereka yang akan bepergian,” lanjutnya.

Budi kemudian meminta semua pihak termasuk wakil rakyat untuk memantau pelaksanaan mudik lebaran 2021. Sebab, ada kemungkinan warga memiliki keinginan untuk mudik. Apalagi setelah adanya vaksinasi Covid-19, hingga peluang bertambahnya kepemilikan mobil setelah PPnBM 0%.

Baca Juga :   Jelang Ditutup, Masih Ada Formasi CPNS yang Kosong Pelamar

“Kementerian perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan Lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu saya mengajak kepada bapak ketua, bapak wakil ketua nanti secara bersama-sama memantau persiapan mudik dan juga memantau proses mudik itu sendiri,” putus Budi.

Sekadar diketahui, pada 2020 lalu pemerintah melarang warganya untuk mudik lebaran. Hal ini karena wabah virus corona yang terus mengalami peningkatan kasus setiap harinya. (may/ono)