Hujan Deras di Bromo, Jalur Pantura Pasuruan Kebanjiran

1089
Lalu lintas di jalur pantura berjalan merambat akibat luapan Kali Petung, Kota Pasuruan, Jumat (26/3/2021) malam. Foto: Istimewa.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sungai Petung yang terletak di tengah Kota Pasuruan tiba-tiba meluap, Jumat (26/03/2021). Hujan deras di daerah pegunungan Bromo menjadi penyebabnya.

Akibat kejadian ini, Jalan Pantura yang menghubungkan Pasuruan-Probolinggo lumpuh.

Sekretaris Kecamatan Bugul Kidul, Alfian Afandi mengatakan, Sungai Petung mulai meluap sejak tadi sekitar pukul 19.00 WIB. Dua kelurahan di Kecamatan Bugul Kidul, yakni Blandongan dan Bakalan.

Di Kelurahan Bakalan, air masuk ke pemukiman setinggi mata kaki. Sementara di Kelurahan Blandongan, air tak sampai masuk ke rumah warga.

Namun begitu, air meluap hingga setinggi lutut orang dewasa di Jalan Pantura. Arus lalu lintas pun terganggu. Kendaraan yang sudah terlanjur berada di sekitar lokasi terjebak macet.

Baca Juga :   Kampanye Lingkungan, Kelompok Tani di Puspo ini Tanam Pohon untuk Warga

“Sungai meluap sampai ke jalan raya beserta lumpur,” kata Alfian.

Petugas pun akhirnya menutup jalur Pantura. Di sisi timur, jalan ditutup di simpang tiga terminal baru, Kota Pasuruan, sementara di sisi barat, jalan ditutup sejak simpang empat Balaikota.

Arus lalu lintas kendaraan-kendaraan besar yang hendak melewati jalan tersebut pun dialihkan melalui jalur selatan. Hingga berita ini ditulis air masih menggenang di jalan raya, namun luapan air sudah mulai surut. (tof/asd)