Jalur Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

531

Lumajang (WartaBromo.com) – Jalur pendakian Gunung Semeru kembali dibuka pada 1 April 2021. Namun, pendaki hanya boleh berkunjung sampai di Kalimati.

Setelah beberapa waktu ditutup, jalur pendakian Gunung Semeru kembali dibuka pada 1 April 2021. Hal itu sesuai dengan hasil rapat koordinasi yang diselenggarakan 29 Maret 2021 lalu. Pengumuman tersebut disampaikan melalui surat Nomor : PG.08/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2021 Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Semeru Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

“Pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di buka kembali pada hari kamis 1 April 2021,” terang Plt. Kepala Balai Besar TNBTS, Agus Budi Santosa, Senin (29/3/2021).

Namun demikian, para calon pendaki yang akan melakukan perjalanan harus tetap memenuhi persyaratan. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para pendaki harus tetap menerapkan SOP pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Persyaratan yakni pembelian karcis masuk melalui situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org. Kemudian jumlah kuota pendakian yang disepakati adalah 180 orang/ hari.

Sementara itu, untuk batas lama pendakian hanya 3 hari 2 malam. Batas pendakian pun dibatasi hanya sampai Kalimati.

Sekadar diketahui, beberapa bulan terakhir pendakian gunung Semeru ditutup. Beberapa faktor di antaranya karena aktivitas Semeru meningkat. (rul/may)