Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Kalianyar Swadaya Bikin Tanggul Darurat

746
Tanggul darurat yang dibuat secara swadaya oleh warga Kalianyar, Bangil. Foto: Miftahul Ulum.

 

Bangil (WartaBromo.com) – Tak kunjung diperbaiki, warga Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Bangil perbaiki plengsengan tanggul secara swadaya. Mereka memasang sandbag secara mandiri.

Ketua RT 12 RW 05 Kelurahan Kalianyar M. Saidul mengatakan, warga memasang sandbag secara mandiri karena tak kunjung diperbaiki oleh instansi terkait. Sementara ambrolnya plengsengan terjadi sejak (24/3).

“Mulai hari Minggu (4/4) warga secara swadaya memasang sandbag, karena khawatir kalau debit air naik. Apalagi plengsengan yang ambrol dekat rumah warga,” kata Saidul, Kamis (8/4/2021).

Guna memperbaiki plengsengan yang ambrol tersebut, bersama warga, ia menghimpun sejumlah uang Rp 30 ribu per orang. Setelah terkumpul, uang tersebut digunakan untuk membeli pasir dan karung.

Dari pantauan WartaBromo., terlihat puluhan sandbag sudah terpasang untuk menambal plengsengan yang ambrol. Di tepi jalan juga dipasang sandbag untuk memperkuat tanggul.

Oleh sebab itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Rusdi Sutejo mendorong pemerintah segera tanggap untuk memperbaiki plengsengan tersebut.

“Penanganan darurat sudah dilakukan oleh warga. Sekarang, tugas pemerintah untuk melanjutkan plengsengan dipasang bronjong. Agar kondisinya tidak semakin parah. Apalagi, plengsengan yang ambrol itu, dekat dengan pemukiman, bahkan ada yang berada di bawah tanggul. Ditambah dengan kondisi cuaca tidak menentu, khawatirnya semakin parah,” kata Rusdi.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengatakan, sudah ada penanganan kedaruratan dari BPBD. Bantuan sandbag dan tim dari BPBD terjun untuk pemasangan sandbag.

“Kewenangan kami pada penanganan kedaruratan. Untuk penanganan permanen, masih menunggu pelaksanaan dari BBWS Brantas. Sudah kami koordinasikan dengan BBWS,” (oel/asd)