Gus Ipul Izinkan Gantangan Burung Kembali Digelar

2003

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Para pecinta burung di Kota Pasuruan mendapat angin segar. Pemkot kembali memperbolehkan mereka menggelar acara gantangan burung.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, gantangan burung yang biasa digelar oleh pecinta burung di Kota Pasuruan boleh digelar kembali.

Hal itu disampaikannya di dalam pertemuan dengan komunitas-komunitas pecinta burung di Pasar Karangketug, Kota Pasuruan, pada Jumat (23/04/2021).

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut menilai acara gantangan burung dapat berdampak positif, menghidupkan sektor-sektor perekonomian lain.

“Mulai pembuat sangkarnya, peternak burung, penjual pakan burungnya, penjual kopinya, semuanya itu jadi hidup,” kata Gus Ipul.

Namun begitu, Gus Ipul menegaskan agar para pecinta burung maupun pelaku usaha gantangan burung harus berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes). Pihaknya tak segan-segan menindak jika ditemukan ada yang patuhi prokes.

“Kalau tidak taat pasti akan dibubarkan polisi,” imbuh Gus Ipul.

Terpisah, salah satu anggota komunitas pecinta burung “Kicau Mania”, Catur mengapresiasi respon wali kota. Pihaknya berkomitmen siap mematuhi prokes setiap menyelenggarakan gantangan burung.

“Insyaallah teman-teman sudah disepakati. Setiap gantangan kalau ada pemain yang tidak pakai masker langsung disuruh balik, tidak boleh menggantang burungnya,” kata Catur. (tof/ono)