Pura-pura Ikut Salat, Dua Kawanan Maling Sikat Motor di Masjid Bangil

4093

 

Bangil (WartaBromo.com) – Dua kawanan maling berhasil menggasak motor seorang jamaah masjid. Aksi keduanya terekam kamera CCRV yang terpasang di masjid.

Aksi pencurian ini terjadi saat jamaah khusuk menunaikan salat shubuh, di Masjid Baitul Muttaqin, Kelurahan Latek, Kecamatan Bangil, Senin (26/4/2021). Motor beat milik Ali Muchbir (58), warga Kelurahan Latek, raib dibawa pelaku.

Pemilik kendaraan, Ali Muchbir mengungkapkan, usai melaksanakan sholat shubuh, ia menyadari bahwa motornya yang berada di parkir masjid telah hilang. Saat dilihat di CCTV masjid, terlihat dua orang melancarkan aksinya mencuri motor korban.

“Yang satu ikut salat shubuh, kira-kira pas qunut, yang satu di luar, mungkin jaga-jaga,” tutur Ali, saat ditemui di Masjid Baitul Muttaqin.

Dikatakan Ali, jamaah masjid lain tidak menaruh curiga sebelumnya kepada dua pelaku. Lantaran, keduanya memakai sarung dan kopyah.

Bahkan, keduanya, kata Ali, sempat berbaur dengan jamaah sebelum menunaikan salat. Namun, ternyata keduanya adalah pencuri.

“Tidak curiga sama sekali,” imbuhnya.

Sementara itu, peristiwa ini bukan kali pertama terjadi di masjid tersebut. Posisi masjid yang berada di tepi jalan nasional Bangil-Pasuruan disebut menguntungkan pelaku pencurian.

“Belum ada setahun, pernah motor. Sama kayak tadi, pas subuh,” bebernya.

Tak hanya motor, di masjid ini juga seringkali terjadi aksi pencurian kotak amal. Maka dari itu, Ali yang juga pengurus takmir masjid setempat memasang tanda sering terjadi pencurian.

“Sudah saya lapor ke Polsek tadi,” tandasnya.

Sementara Kapolsek Bangil Kompol Indro Susetiyo membenarkan telah terjadi tindak pencurian di masjid tersebut. Pihaknya, segera menindaklanjuti tindak pidana pencurian dengan pemberatan ini.

“Sudah ada laporan ke kami, akan kami selidiki lebih lanjut. Namun yang pasti, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan. Mengingat menjelang Idul Fitri, terjadi peningkatan Curat dan Curas,” kata Susetiyo, di Mapolsek Bangil. (oel/asd)

Simak videonya: