Mitos Tentang Kuburan Ini Bikin Bergidik Bulu Roma

724

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ketika mendengar kata “kuburan” yang terlintas adalah suasana sunyi dan angker. Ternyata, berbagai mitos juga mengiringi dan masih sering diperbincangkan.

Tak sebatas dibincang, sebagian besar masyarakat sepertinya masih mempercayainya. Tak heran jika berbagai hal yang disangkutpautkan dengan kuburan tidak boleh diperlakukan sembarangan.

Sejumlah sumber mengungkapkan, sedianya terdapat banyak mitos terkait cara berprilaku saat berada di kuburan ini. Namun, setidaknya ada 3 mitos tentang kuburan (tanah kuburan) yang populer dan sampai saat ini mengemuka. Apa saja?

1. Dilarang Menunjuk Kuburan dengan Jari Telunjuk

Siapapun dilarang menunjuk kuburan dengan jari telunjuk. Sebab, tunjuk jari ke arah kuburan dianggap tidak sopan.

Berdasarkan mitos, apabila hal tersebut dilakukan, konon jari telunjuk akan membusuk. Nah, agar tak membusuk si pemilik jari harus menghisap jari telunjuknya dengan segera.

2. Tak Boleh Mengambil Tanah Kuburan

Tanah kuburan, katanya seringkali digunakan sebagai praktik pesugihan maupun kepentingan ilmu hitam. Selain itu, ada mitos menakutkan di baliknya.

Ada mitos, apabila seseorang mengambil tanah kuburan maka selama hidupnya tidak akan tenang. Arwah si pemilik kubur akan menghantui sampai tanah tersebut dikembalikan.

3. Wajib Bersihkan Badan Setelah Pulang dari Kuburan

Mitos kuburan yang satu ini mungkin lebih sering didengar. Konon setelah pulang dari kuburan, mitosnya diwajibkan membersihkan diri di antaranya dengan cara mandi, disusul berganti pakaian.

Apabila tidak dilakukan maka orang tersebut akan mengalami berbagai kejadian ganjil. Misalnya seluruh badan terasa berat hingga pegal-pegal.

Kepercayaan ini muncul karena para “penghuni” di area kuburan mengikuti hingga ke rumah.
Wah, seram juga ya? (trj/ono)