Hindari Lima Hal yang Bisa Menggugurkan Pahala Puasa Ini

470

Pasuruan (wartabromo.com) – Seorang muslim harus mengetahui segala hal mengenai puasa. Termasuk hal yang bisa menggugurkan pahala puasa.

“Banyak sekali orang yang berpuasa tapi dari puasanya tidak mendapat apa-apa kecuali lapar dan haus karena melakukan hal-hal yang bisa menggugurkan pahala,” tutur Ustaz Yahya Najich, Asatiz LDNU Kabupaten Pasuruan.

Lantas, apa saja hal yang bisa menggugurkan puasa dan harus dihindari?

1. Melihat Lawan Jenis dengan Syahwat

Perlu diingat, tujuan berpuasa adalah untuk mengendalikan hawa nafsu. Apabila sebagai umat Islam tak bisa mengendalikan hawa nafsu seperti melihat lawan jenis dengan syahwat, maka pahala puasanya akan gugur.

“Nah melihat lawan jenis dengan syahwat ini bisa menggugurkan pahala puasa, misalnya laki-laki melihat wanita kemudian muncul syahwat, begitu juga sebaliknya dan ini sebaiknya dihindari,” kata ustaz Yahya.

2. Menggunjing Orang Lain

Kemudian dilanjutkan, hal yang bisa menggugurkan pahala puasa adalah menggunjing orang lain. Ustaz Yahya menjelaskan, selama puasa hendaknya umat Islam bisa menahan amarah, menjaga hati maupun lisan.

Tak hanya itu, kebiasaan menggunjing orang lain juga dapat menghabiskan pahala ibadah yang lain pula. Sebab, kebiasaan menggunjing adalah perilaku yang dapat mengikis pahala sedikit demi sedikit.

3. Berbuka dan Sahur dengan Makanan Haram

Nabi Muhammad SAW memang menyarankan agar pada waktu berbuka dan sahur menyajikan makanan terbaik. Tetapi, bukan dengan cara memaksakan diri sendiri, misalnya menyantap makanan lezat tetapi haram.

“Sayang sekali kalau sudah demikian, sudah berpuasa seharian penuh tetapi malah tidak mendapat pahala karena memakan makanan yang haram saat berbuka maupun sahur,” ungkap Ustaz Yahya.

4. Menyakiti Orang Lain

Hal berikutnya yang harus dihindari agar pahala puasa tidak gugur adalah menyakiti orang lain. Pasalnya, sebaik dan sedekat apapun dengan Allah, selama berbuat jahat terhadap orang lain, maka Allah Swt tak akan memberikan pahala atas kebaikan yang dilakukan.

Bahkan, pahala berpuasa selama satu bulan penuh akan digugurkan oleh Allah Swt. Untuk itu, dalam kehidupan sehari-hari sudah selayaknya saling mengasihi kepada sesama umat Islam.

5. Memiliki Sifat Tercela dalam Diri Sendiri

Hal terakhir yang harus dihindari agar pahala puasa tetap bisa didapatkan adalah menjaga diri sendiri dari sifat tercela. Misalnya merasa iri dan dengki atas keberhasilan orang lain.

“Sekalipun puasa istiqomah, terawih istiqomah, salat istiqomah tapi di dalam hati masih ada uneg-uneg iri dan dengki, maka Allah Swt akan mengambil semua pahala yang didapatkan selama puasa Ramadan, Naudzubillah,” pungkas Ustaz Yahya menutup tausiyahnya. (trj/may)