Hari Kedua Lebaran, Ratusan Kendaraan Diputarbalik

1507
Petugas menghentikan kendaraan pemudik yang berusaha masuk melalui pintu Tol Pandaan. Hingga hari kedua Lebaran, ratusan kendaraan diminta putar balik. Foto: Miftahul Ulum.

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Arus lalu lintas pada hari kedua lebaran di Pasuruan relatif sepi. Meski begitu, sejumlah pemudik yang kedapatan masuk ke Pasuruan diputarbalik.

Di pos penyekatan Simpang Tiga Gempol, dari pantauan kepolisian, arus lalu lintas lancar dan cenderung sepi. Kendati sepi, bagi pemudik dari luar daerah tetap diputarbalik.

“Relatif sepi, karena ada larang mudik,” kata IPTU Samuri, Kepala Pos Penyekatan Simpang Tiga Gempol, Jumat (14/5/2021) siang.

Untuk hari ini, sudah ada 6 kendaraan pemudik plat L yang diputarbalik. Namun, bagi warga sekitar yang bekerja dan memiliki surat keterangan kerja, diperbolehkan lewat.

“Tadi ada 6 kendaraan plat L yang kami suruh putar balik,” tandasnya.

Baca Juga :   Antisipasi Disusupi Pemudik, Mobil Boks hingga Angkutan Barang Bakal Diperiksa Petugas

Tak jauh berbeda kondisi lalin di pos penyekatan arteri Gempol. Arus lalu lintas terpantau relatif sepi, baik yang akan mengarah ke Sidoarjo dan Malang.

“Arus lalin landai, dibanding hari-hari sebelumnya turun sekitar 20 persen,” kata IPTU Santoso, Wakapos penyekatan arteri Gempol.

Adapun pemudik yang melewati pos arteri Gempol tetap disuruh putar balik. “Ada satu pemudik dua orang dari Mojokerto kami suruh putar balik,” imbuhnya.

Sementara itu, di Simpang Empat Taman Dayu, Pandaan, situasi arus lalu lintas ramai lancar. Baik dari arah Malang, maupun Surabaya.

“Secara umum, arus lalin di pos Taman Dayu, ramai lancar, ada penurunan sekitar 30 persen dibanding sebelum hari raya,” jelas Ipda Suseno, Wakapos Penyekatan Taman Dayu.

Baca Juga :   Truk Tangki BBM Terbakar di Tol Pandaan

Sedikitnya 336 mobil tercatat masuk ke Kabupaten Pasuruan melalui exit tol Pandaan. Dari ratusan kendaraan tersebut, sepertiga kendaraan diminta putar balik.

“Sejak pagi tadi sampai sebelum Jumatan, ada 103 kendaraan yang diputarbalik. Dan ada 12 orang yang diswab, hasilnya negatif semua,” sambungnya.

Dari catatan kepolisian, rata-rata kendaraan yang masuk didominasi plat L, W, B, S. Lanjut Suseno, mayoritas kendaraan yang masuk ke Pasuruan hendak rekreasi.

“Karena beda rayon, kami putar balik,” tandasnya. (oel/asd)