Gempa Bumi dalam Ramalan Primbon Jawa Beserta Doanya

25090

Lumajang (WartaBromo.com) – Gempa bumi mengguncang Blitar dan sekitarnya pada Jumat (21/5/20201) sekira pukul 19.09 WIB. Dalam primbon jawa, peristiwa ini digambarkan sebagai tanda-tanda terjadinya suatu hal.

Gempa bumi dalam bahasa berarti getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba, dan menciptakan gelombang seismik. Namun dalam kamus orang jawa, gempa bumi memiliki arti lain.

Islah Gusmian kemudian melakukan studi atas peristiwa ini dalam jurnal berjudul Gempa Bumi dan Pandangan-Dunia Orang Jawa: Studi atas Dua Manuskrip Primbon Jawa Abad ke-19 M. Kata Islah, gempa bumi dalam pandangan orang jawa merupakan tanda yang bersifat futuristik.

Baca Juga :   Total 33 Rumah, 1 Masjid, dan 1 Musala di Kabupaten Pasuruan Rusak Akibat Gempa

“Dalam pemaknaan tersebut, terdapat nilai-nilai religiusitas, sosial, kemanusiaan dan kealaman yang dibangun oleh orang jawa,” tulis Islah dalam jurnal.

Islah melanjutkan, adanya pandangan ini membuat interaksi sesama makhluk lebih positif, juga bisa menjaga keselarasan. “Segala peristiwa dipahami sebagai titah Tuhan,” lanjutnya.

Berikut Narasi Ramalan Gempa Bumi dalam pandanggan Dunia Orang Jawa:

(may/ono)