Cara Mensiasati Anak yang Tidak Suka dengan Matematika

500

 

Pasuruan (wartabromo.com)  Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang ditakuti anak-anak. Rumitnya perhitungan mulai dari angka hingga rumus-rumus membuat pelajaran ini tidak sukai.

Mengapa demikian? Sebab, kebanyakan anak-anak merasa kurang percaya diri saat diminta menyelesaikan soal matemaika. Pasalnya, tinggi rendahnya nilai matematika yang didapatkan cenderung dianggap sebagai tolok ukur kecerdasan.

Mengetahui hal ini, tak heran jika banyak orang tua yang merasa kesulitan mengajarkan matematika pada anak. Apalagi jika anaknya memang sudah tidak suka, wah pasti segala cara yang dilakukan orang tua akan sulit di terima anak.

Tapi tenang dulu Bolo! Dilansir dari beberapa sumber, masih ada cara untuk mensiasati agar anak menyukai matematika.

Apa saja? Yuk, simak!

1. Mainkan Game Matematika

Cara untuk mensiasati anak yang tidak suka dengan matematika agar mau belajar adalah menggunakan game. Sebagaimana diketahui, saat ini media belajar untuk berbagai usia sangat mudah ditemukan.

Carilah game matematika yang sesuai dengan usia anak. Belajar matematika menggunakan game bisa menghilangkan stress pada anak dan perlahan akan membuat anak menyukai matematika.

2. Lakukan Investigasi pada Soal Matematika

Berikutnya, cobalah melakukan beberapa investigasi matematika yang menyenangkan dengan anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun. Lalu, bagaimana jika usia anak di atas 12 tahun?

Maka, cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan permainan asah otak. Pilih game asah otak yang menyenangkan dan tidak terlalu sulit.

3. Beri Pertanyaan di Waktu yang Tepat

Untuk bisa membuat anak menyukai matematika, usahakan tidak memaksa anak dalam belajar. Apabila anak merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal, bantu secara perlahan.

Cari waktu paling tepat untuk memberi pertanyaan seputar soal matematika pada anak. Bimbing sebaik mungkin dan jangan putus asa mengajarkan serta memahamkan anak mengenai soal matematika yang sedang dikerjakan.

Sebagaimana diketahui, apabila anak sudah tidak menyukai matematika, maka akan sulit baginya untuk memahami segala hal yang diajarkan.

4. Beri Motivasi dan Dukung dengan Kata-Kata Positif

Siasat terakhir yang bisa dicoba para orang tua adalah dengan memberikan motivasi pada anak. Jangan sekali-kali mengatakan hal-hal kurang baik kepada anak ketika ia tak bisa menyelesaikan soal matematika dengan maksimal.

Sebab, hal itu bisa membuat rasa percaya diri anak menjadi hilang dan anak semakin tidak suka dengan matematika. Tetapi sebaliknya, berikan dukungan dengan kata-kata positif kepada anak agar ia menyukai matematika. (Trj/may)