Warganet Heboh, Dapat Pesan Peringatan Gempa dan Tsunami dari BMKG

2512

Lumajang (WartaBromo.com) – Warganet dihebohkan dengan beredarnya pesan singkat yang berisi peringatan gempa dan tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pesan ini disebut kesalahan sistem pengiriman peringatan.

Warganet di sosial media Twitter beramai-ramai mencuit hasil tangkapan layar pesan notifikasi dari BMKG. Pesan tersebut berisi mengenai adanya gempa berskala 8,5 Magnitudo, dan berpotensi tsunami di Jawa Timur hingga NTT. 

“Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG,” isi pesan yang dikirimkan oleh KominfoBMKG kepada warga, dikutip oleh WartaBromo.com pada Kamis (27/05/2021).

Namun kemudian pesan lain juga dikirimkan oleh KominfoBMKG. Ternyata pesan peringatan adanya Gempa pada 4 Juni 2021 tersebut adalah kesalahan sistem.

“Mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman TEST–Peringatan Dini Tsunami di JATIM,NTB,BALI,NTT,JATENG,…::BMKG,” bunyi pesan tersebut.

Selain itu, Daryono, Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG melalui akun Twitternya juga mengatakan sedang menyelidiki masalah pada sistem ini.

“Pusat Gempa Nasional/InaTEWS BMKG Jakarta saat ini dalam kondisi aman. Maslah ini sedang kita investigasi,” singkat Daryono. (May/ono)