3 Hal Unik Tentang Sepeda Onthel Jadul yang Bikin Rindu Masa Lalu

3388

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Selain naik angkot, orang zaman dulu biasa menggunakan sepeda ontel untuk beraktifitas. Selain hemat ongkos, menaiki sepeda pun membuat tubuh bugar dan bisa melihat pemandangan dengan lebih jelas.

Sepeda di jaman dulu modelnya sangatlah sederhana dan unik. Bagi orang yang pernah merasakan naik sepeda onthel jadul, pasti merasa rindu dan ingin mengulang masa lalu.

Nah, tak hanya sekedar menyisakan kenangan. Ternyata, dilansir dari beberapa sumber, sepeda jadul juga memiliki sisi-sisi unik, lho!

Apa saja? Simak, yuk!

1. Terdapat Dinamo di Sebelah Roda Depan

Pada beberapa model sepeda jadul (sepeda ontel salah satunya), ada sebuah benda kecil mirip tabung yang dipasang dekat dengan ban sepeda. Apakah itu? adalah dinamo sepeda.

Dinamo pada sepeda biasanya berfungsi sebagai alat untuk menyalakan lampu ketika bepergian di malam hari. Dinamo mengandung arus listrik yang mengubah energi gerak menjadi energi cahaya.

Untuk bisa menyalakannya, kaki harus sedikit ditekan ketika mengayuh sepeda. Wah, masih ingat tidak momen ini, bolo?

2. Bel yang Berbunyi “Kring-Kring”

Jika motor memiliki klakson untuk peringatan, maka sepeda jadul memiliki benda penghasil suara di sebelah kanan dekat dengan stang. Masih ingat tidak bentuknya, bolo?

Ya! Bentuknya bundar, terbuat dari alumunium mengkilat dan tonjolan kecil pada salah satu permukaannya. Apabila di gerakkan ke kanan dan kekiri dengan ibu jari, maka akan menghasilkan bunyi ‘kring-kring’.

3. Rem Blong? Tenang, Sandal Japit Solusinya

Khusus sepeda yang sudah usang atau tua, terkadang ada saja bagian sepeda yang tak berfungsi. Salah satunya adalah di bagian rem. Jika sudah begini, kaki beralaskan sandal japit adalah solusinya.

Gaya gesek antara jalanan dengan alas sandal jepit akan mengurangi kecepatan sepeda, sehingga bisa dijadikan pengganti rem. Itulah sebabnya, sandal jepit zaman dulu meskipun awet, tapi cepat tipis karena sering bergesekan dengan ban sepeda.

Selain ketiga hal unik di atas, apa yang bolo ingat saat naik sepeda ontel di jaman dulu? (tjr/may)