Warga Nguling Terpapar Covid Varian Delta

1498
Pemeriksaan kesehatan sebelum vaksinasi Covid-19 kepada lansia,

Pasuruan (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengonfirmasi 1 orang warga Kecamatan Nguling terpapar Virus Corona Varian Delta dari India.

Penegasan ini disampaikan Gus Irsyad dalam Rakor Penanganan Covid-19 di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Kabupaten Pasuruan, Selasa (22/06/2021) siang.
Menurutnya, 1 orang ini adalah perempuan, dan dinyatakan Positif Covid-19 varian delta setelah terjaring penyekatan di Jembatan Suramadu, beberapa hari lalu.

Dalam penyekatan tersebut, Satgas Propinsi Jatim melakukan swab antigen pada warga ini, dan dinyatakan reaktif. Lantaran reaktif, maka petugas melanjutkan swab PCR dengan hasil positif Covid-19 varian delta.

“Atas nama Pemkab Pasuruan, saya ikut prihatin. Tapi harus saya sampaikan bahwa ada 1 warga di Kecamatan Nguling yang terpapar Covid-19 varian delta setelah terjaring dalam penyekatan Satgas Propinsi Jatim di Jembatan Suramadu,” katanya.

Saat ini, posisi warga yang terpapar varian delta dalam kondisi baik-baik saja. Dalam artian terpapar tanpa gejala atau gejala ringan, dan dirawat di Surabaya. Kata Gus Irsyad, dengan ditemukannya satu warga terpapar varian delta, ia mengintruksikan petugas kesehatan untuk melakukan tracing dan testing pada seluruh kontak erat, hari ini.

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya varian baru di sekitar tempat tinggal warga terpapar, petugas juga melakukan penyemprotan desinfektan secara intensif. (mil/yog)