Ini Manfaat Lari di Malam Hari Untuk Kesehatan

852

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Pada umumnya, olahraga lari dilakukan saat pagi hari, ketika udara masih terasa sejuk. Namun, beberapa orang memilih untuk melakukan olahraga lari di malam hari.

Kenapa beberapa orang memilih lari di malam hari? Bisa jadi karena jadwal yang padat di pagi hari, preferensi energi, gaya hidup, atau faktor-faktor lainnya.

Tak hanya itu, beberapa orang memilih olahraga lari di malam hari bukan karena alasan sepele. Melainkan, sebab lari di malam hari memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Apa saja? Dinukil dari kompas.com, ini manfaatnya:

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Orang yang berolahraga di malam hari mungkin memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Lari malam sangat ideal bagi orang yang mudah kelelahan setelah olahraga lari sehingga bisa tidur setelahnya.

Baca Juga :   Gerebek Jalan Niaga, Gugus Tugas Temukan Warga Kabupaten Pasuruan Reaktif Rapid Test

Hal ini dikuatkan dengan adanya penelitian kesehatan yang dilakukan pada tahun 2019. Hasilnya mengungkapkan, olahraga di malam hari dapat memberikan efek positif pada tidur.

Namun, jika olahraga malam dilakukan kurang dari satu jam sebelum tidur, ini akan berdampak negatif pada pola tidur. Untuk itu, disarankkan bersihkan tubuh dengan mandi air hangat setelah lari di malam hari agar tubuh dan pikiran lebih rileks.

2. Dapat Menghilangkan Setres

Dengan lari malam, seseorang bisa lebih menata pikirannya sehingga ketika kepala menyentuh bantal, pikiran terasa lebih jernih dan ringan. Olahraga lari dapat menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot, dan meningkatkan rasa tenang.

3. Mengatasi Otot dan Persendian yang Kaku

Baca Juga :   Sembuh, 3 Pasien Positif Pulang dari RSUD Bangil

Bagi orang yang mengalami otot dan persendian kaku setiap bangun tidur, lari malam bisa menjadi pilihan olahraga yang ideal. Kok bisa?

Sebab, Saat pagi hari, tubuh mungkin belum siap untuk melakukan olahraga intens karena persendian terasa kaku dan tidak fleksibel. Sedangkan, Ketika malam hari, tubuh sudah “hangat” karena telah beraktivitas seharian sehingga lebih siap untuk olahraga. (trj/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.