Komitmen Dukung Pengelolaan Sampah, AQUA dan Veolia Resmikan Pabrik Daur Ulang Terbesar di Indonesia

1141

“Sejalan dengan hal tersebut, kemitraan yang dibangun bersama Veolia Indonesia ini akan dapat meningkatkan volume plastik PET daur ulang atau rPET yang digunakan di seluruh kemasan botol kami hingga 3x lipat dibandingkan pemakaian saat ini,” ujar Conie Ang

“Inilah wujud nyata komitmen kami mendukung pemerintah mengatasi permasalahan lingkungan sekaligus pendorong tumbuhnya ekonomi nasional. Termasuk di dalamnya peningkatan kesejahteraan bagi para pekerja di sektor persampahan yang mayoritas berasal dari sektor informal,” imbuhnya.

Veolia Indonesia merupakan perusahaan lokal bagian dari Grup Veolia yang berbasis di Perancis. Memiliki pengalaman panjang serta keahlian kuat dalam daur ulang dan pemrosesan plastik, Grup Veolia memiliki aspirasi menjadi perusahaan benchmark untuk transformasi ekologi.

Baca Juga :   Organisasi Kepemudaan Aksi Bersih Laut dan Pantai Pesisir Tambaan Didukung AQUA Keboncandi
SALING SAPA: Saat peresmian pabrik Veolia bekerjasama dengan Danone Aqua juga diikuti para pejabat dan pengusaha. Tampak hadir pula Wabup Pasuruan, KH Mujib Imron yang satu frame dengan Menperin, Agus Gumiwang.

Danone-AQUA mendukung operasional pabrik Veolia Indonesia dengan menjadi konsumen utama sekaligus memastikan terbangunnya rantai pasok botol plastik PET bekas yang inklusif melalui upaya peningkatan kesejahteraan pemulung dan pekerja TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle) di 4 Kabupaten di Indonesia, dibawah naungan project Inclusive Recycling Indonesia atau Daur Ulang Inklusif Indonesia.

Daur ulang botol plastik bekas menjadi kemasan air mineral baru seperti yang dilakukan pada pabrik ini telah diuji sesuai dengan standar keamanan pangan Indonesia dan mendapatkan sertifikat halal. Fasilitas ini juga menyerap lebih dari 200 orang tenaga kerja lokal dan didukung teknologi modern dimana mesin yang digunakan mampu memisahkan tutup dan label sekaligus dengan cepat.

Baca Juga :   PAUD Wanjati Junior Terima Bantuan Gedung Baru dari Aqua Pandaan

Pembangunan pabrik daur ulang plastik ini juga sebagai bentuk kontribusi Veolia Indonesia dan Danone-AQUA pada aspek sosial dan lingkungan, untuk mendukung target pemerintah mengurangi sampah plastik di laut sebesar 70% pada tahun 2025 serta menjadikan Indonesia yang lebih bersih. (day/*)