Siap-siap, Pemerintah Akan Bagikan Beras pada Rabu Pekan Ini

1259

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Pusat bakal membagikan bantuan sosial berupa beras. Rencananya, bantuan ini akan mulai didistribusikan pada Rabu (14/7) pekan ini.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, sesuai perintah Presiden RI Joko widodo, dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih belum reda, rakyat tidak boleh kelaparan. Oleh karena itu, pemerintah tengah menyiapkan bantuan beras untuk masyarakat yang terdampak, terutama penerapan PPKM Darurat.

“Bantuan beras akan diberikan oleh pemerintah, (ini) perintah Presiden. TNI-Polri akan membagi-bagikan. Karena perintah Presiden tidak boleh rakyat sampai kelaparan atau tidak makan,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual pada Senin (12/7/2021), seperti dikutip dari kompas.com.

Rencananya, bantuan yang diberikan berupa beras 5-10 kilogram. TNI yang akan menyalurkan bantuan beras pada pekan ini.

“Jadi semua titik yang memungkinkan ada kekurangan pangan atau kurang beras akan dibagikan oleh TNI dan akan berlaku mungkin Rabu ini. Itu ada yang 5 kilogram dan 10 kilogram,” tambah Luhut.

Sementara itu, Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah menyatakan, pentingnya bansos dari pemerintah kepada masyarakat selama PPKM Darurat. Di mana, banyak masyarakat yang bergantung pada bansos pemerintah karena pekerjaannya terdampak PPKM Darurat.

“Di tengah kondisi seperti itu memang bantuan dari pemerintah mau tidak mau yang paling kita butuhkan, kita saat ini hanya bisa bertumpu berharap dari bantuan dari pemerintah,” kata Piter dalam acara diskusi yang ditayangkan akun YouTube Radio Smart FM, Sabtu (10/7/2021), masih dikutip dari kompas.com.

Piter menambahkan, dampak dari penerapan PPKM darurat ini, banyak usaha yang beroperasi tidak maksimal atau terpaksa tutup. Tak sedikit pula, pegawai swasta yang terpaksa harus dirumahkan lantaran tempatnya bekerja tutup.

“Ini kan mau tidak mau harus dibantu, mereka tidak bisa bertahan hidup kalau mereka tidak dibantu. Nah, bantuan-bantuan sosial dari pemerintah inilah yang kita harapkan ini bisa mengalir cepat, tepat, dan juga bisa termanfaatkan dengan baik,” tambahnya.

Di Kabupaten Pasuruan, selama PPKM Darurat bantuan sembako juga diberikan oleh Polri-TNI dan sejumlah elemen masyarakat kepada warga. Sebanyak 630 paket sembako dibagikan kepada para pedagang, tukang becak di sekitar Plaza Bangil, Minggu (11/7).

“Menjadi tugas kami, membantu warga yang membutuhkan dan ada 630 paket sembako yang kita bagikan dengan sasaran warga yang tidak menerima bantuan sosial. Semua akan didistribusikan secara bertahap, sampai semua masyarakat bisa terakomodir,” kata Kapolres Pasuruan AKBP. Erick Frendriz, Minggu (11/7/2021).

Kapolres menambahkan, bila ada masyarakat yang membutuhkan sembako, bisa langsung menyampaikan ke Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak kepolisian di masyarakat. (oel/asd)