Cara Menghilangkan Bau Amis di Lantai

2169

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Pernahkan saat mengepel lantai namun justru timbul bau amis? Kebanyakan orang pasti kesulitan membersihkannya, bukan?

Perlu diketahui, bau amis yang timbul saat mengepel lantai ternyata bukan karena ada kotoran tertentu. Melainkan berasal dari kebersihan saat proses pengepelan itu sendiri.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau amis di lantai? Apakah harus menggunakan pewangi lantai yang mahal? Tentu tidak!

Dinukil dari liputan6.com, berikut ini cara yang bisa dilakukan:

1. Sapu Kotoran di Lantai

Hal pertama yang harus dilakukan agar bau amis di lantai hilang adalah menyapu kotoran yang ada di lantai lebih dahulu. Kenapa? Sebab, kotoran berupa debu atau kotoran lainlah yang berpotensi menimbulkan bau amis.

2. Keringkan Tumpahan

Cara yang kedua, bersihkan dan keringkan apabila terdapat tumpahan, baik dari minuman maupun makanan. Jika di lantai terdapat tumpahan, jangan langsung dilakukan pengepelan, apalagi jika nodanya berupa tumpahan yang lengket atau licin seperti minyak.

Ada baiknya untuk membersihkan terlebih dahulu dengan lap kering. Lalu untuk memastikan tumpahan tersebut tidak menimbukan bau, beri tambahan sabun cuci piring dan biarkan bekas tumpahan benar-benar kering.

3. Bersihkan Dahulu Peralatan Pel

Setelah menyapu dan membersihkan kotoran di lantai, jangan lupa bersihkan dahulu peralatan pel sebelum digunakan. Sebab bau amis pada lantai bisa saja berasal dari pel yang sudah terlalu kotor.

Tentu hal ini cukup masuk akal, mengingat kain pel yang digunakan bisa saja untuk membersihkan bekas makanan atau minuman. Padahal bahan makanan atau minuman bisa saja basi dan timbulah bakteri yang membuat bau tidak sedap muncul.

Nah, jangan lupa juga untuk menjaga peralatan pel agar senantiasa bersih sebelum digunakan. Bagaimana caranya?

– Bilas pel dan jemur hingga kering apabila selesai digunakan.

– Cuci pel dengan rutin menggunakan deterjen. Hal ini bertujuan untuk menjaga pel supaya tetap bersih dan terbebas dari beragam kuman penyebab penyakit.

– Ganti alat pel minimal tiga bulan sekali.

– Simpan pel dengan menghadap ke atas supaya lebih cepat kering dan tidak lembap. Hal tersebut karena pel yang lembap karena disimpan dengan cara yang salah bisa menyebabkan bau tidak sedap dan bau tersebut bisa menempel di lantai. (trj)

4. Basahi Kain Pel dan Peras Sampai Air Tidak Bersisa

Cara selanjutnya yakni harus membasahi kain pel ke dalam air, kemudian memerasnya sampai air keluar semua. Jangan mengepel lantai dalam keadaan kain pel masih basah dan penuh dengan air. Sebab, akan menyebabkan kotoran tidak bisa hilang maksimal, lantai tidak cepat kering dan bau amis.

5. Teteskan Cairan Pewangi Khusus Lantai Langsung di Atas Lantai

Ingin bau amis hilang seketika? Caranya adalah dengan meneteskan cairan pembersih lantai langsung di atas lantai. Kemudian usapkan kain pel secara merata. Pilihlah aroma pembersih yang sesuai dengan kesukaan. Setelah itu, tunggu dan biarkan lantai kering dengan sempurna. (trj/may)