Warga Kota Pasuruan Terima Bansos Covid-19 Mei dan Juni

1127
Warga di Kota Pasuruan mulai menerima bantuan sosial Covid-19, Senin (19/7/2021). Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bantuan untuk warga Kota Pasuruan yang terdampak Covid-19 disalurkan. Ada ribuan bantuan yang disalurkan.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, jumlah warga Kota Pasuruan yang menerima bantuan sosial di Kota Pasuruan ini sebanyak 5.700 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Semoga bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19,” kata Gus Ipul.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut mengakui bahwa selama pandemi, masyarakat sangat terdampak secara ekonomi. Apalagi para pedagang-pedagang kaki lima.

“Pemerintah, dengan data yang ada, bahwa ada hal yang berkurang dari sisi retribusi, pajak-pajak, yang sangat berpengaruh terhadap PAD Kota Pasuruan,” ujarnya.

Bantuan yang disalurkan kali ini yakni bantuan selama dua bulan dengan total besaran Rp400 ribu setiap KPM. Anggaran bantuan ini bersumber dari APBD Kota Pasuruan.

Selain bantuan sosial, pemkot juga bakal menyalurkan bantuan bagi pelaku ekonomi sebesar Rp200 ribu. Jumlah penerima bantuan bagi pelaku ekonomi ini sebanyak 3.100 KPM dan akan mulai disalurkan hari Kamis (22/07/2021) besok.

Gus Ipul melanjutkan, selain dari APBD, nanti juga akan ada bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19 yang berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

“Intinya ada bantuan dari pemkot, ada bantuan dari Kemensos, dan bantuan dari TNI, Polri, selama dua minggu ke depan,” imbuh Gus Ipul. (tof/**)