Kawanan Hiu Tutul Terlihat di Perairan Pasuruan

1466

Pasuruan (warmobromo.com) – Kawanan hiu tutul kembali tampak di perairan dangkal Pasuruan. Hiu tutul tersebut mulai terlihat pada jarak 1 mil dari pantai sejak pertengahan Juli 2021.

Satwa dilindungi ini nampak bermain, berenang dan bergerombol di perairan dangkal itu. Ada sekitar 5-10 ekor hiu tutul yang berkumpul.

Kemunculan kawanan ikan yang juga disebut hiu paus itu disaksikan petugas Polairud Pasuruan. Kasubnit Lidik Polairud Pasuruan, Aipda Laswanto mengatakan, paus itu datang ke perairan dangkal untuk berburu plankton.

“Hiu paus sering datang ke perairan Pasuruan bahkan hingga Sidoarjo untuk mencari makanan plankton,” kata Laswanto saat dikonfirmasi wartabromo.com, Selasa (3/8/2021).

Kawanan hiu paus itu biasanya muncul pada bulan Juli-September. Para nelayan pun sudah terbiasa dengan kehadiran satwa tersebut. Pihaknya juga berupaya untuk menjaga agar hiu paus tidak terlalu ke tepi agar tak terdampar.

“Untuk itu kami patroli, terus mengimbau agar nelayan tak mengganggu. Karena ikan ini jinak, biarkan saja,” pungkas Laswanto.

Sementara itu, Muslimin seorang nelayan yang berasal dari Desa Semare, Kecamatan Kraton tersebut mengatakan, ia juga kerap kali melihat kawanan hiu berenang dan mendekati perahunya.

“Hari ini kami melihat lagi kawanan hiu paus. Ada banyak yang muncul mendekati perahu,” kata Muslimin. (don/may)