Sudah Datang, Nakes di Pasuruan akan Divaksin Dosis Ketiga

955

Pasuruan (wartabromo.com) – Hari ini, vaksin moderna untuk para tenaga kesehatan (nakes) dosis ketiga di Kabupaten Pasuruan, mulai datang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan, dr Ani Latifah mengatakan, jumlah sasaran vaksin moderna untuk nakes yang akan disuntik sebanyak 6401 vial.

Sedangkan untuk hari ini, vaksin yang datang tidak sekaligus, melainkan baru dikirim 380 vial. Dimana untuk 1 vial bisa digunakan antara 14-15 orang.

“Datangnya tidak sekaligus, tapi secara bertahap, karena alokasi ini datangnya dari pusat, kemudian ke Dinkes Propinsi dan ke Kabupaten Pasuruan,” kata Ani, di sela-sela kesibukannya, Selasa (03/08/2021) siang.

Dijelaskannya, vaksin moderna memang diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga yang berfungsi sebagai booster.

Baca Juga :   Pelajar di Lumajang Mulai Divaksin Sinovac

Pemberian vaksin ketiga itu tak lain dalam rangka menjaga tenaga kesehatan agar bisa konsentrasi bekerja, lantaran setiap hari berhadapan dengan pasien yang berpotensi terpapar Covid-19.

“Karena nakes setiap hari bertemu dengan virus yang tinggi kadarnya, mereka harus dilindungi. Penting untuk kita pahami vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada nakes,” ucapnya.

Ani mengharapkan pemberian vaksin ketiga itu dapat memberikan kekebalan yang maksimal terhadap variasi-variasi mutasi virus yang ada.

Sementara itu, pemberian vaksin moderna khusus diberikan pada nakes yang sudah dua kali vaksin. Sedangkan yang belum pernah vaksin, tidak diberikan.

“Vaksin moderna ini khusus untuk nakes yang sudah dua kali menjalani vaksinasi. Kalau yang belum pernah, ya tidak kita berikan,” tutupnya. (mil/yog)