Tolak Pagebluk, Silahkan Kelilingi Kampung Tapi…..

919

Pasuruan (wartabromo.com) – Fenomena masyarakat menyikapi kondisi pandemi semakin beragam. Di sejumlah kampung, aksi keliling kampung dengan pawai obor dan membacakan sholat burda ramai dilakukan oleh warga.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang didapatkan wartabromo,com, sejumlah perempuan juga ikut mengangkat keranda jenazah agar pandemi atau pagebluk segera usai.

Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH. Imron Mutammakin pun menilai bahwa tradisi keliling kampung dengan membaca surah yasin ataupun baca sholawat memang pernah dilakukan pada masa era pandemi cacar beberapa tahun silam. Namun, saat ini kondisi berbeda sedang dialami oleh bangsa Indonesia, yakni pagebluk atau pandemi ini merupakan wabah covid19 yang membutuhkan penanganan berbeda.

Gus Ipong, sapaan akrabnya, juga mengingatkan, seyogyanya jika memang menginginkan untuk keliling kampung dengan membaca surat yasin dan burdah dilakukan dengan cara yang sesuai dengan syariat islam dan tidak bercampur antara pria dan wanita bahkan mengajak serta anak – anak. Simak video selengkapnya