Sangat Mudah! Begini Tips Menata Kamar Tidur yang Sempit

1138

Pasuruan (wartabromo.com) – Memiliki kamar tidur yang sempit tentunya tidak menguntungkan. Pasalnya, si pemilik kamar harus membatasi penggunaan furniture agar kamar tidak terasa sesak dan makin sempit.

Namun, kamar tidur sempit bukan berarti akan terasa kecil selamanya. Hanya saja, diperlukan tips yang tepat dan skill khusus untuk menghias kamar tidur agar terlihat lebih luas.

Amat disayangkan, masih banyak orang yang cenderung bingung menghias kamar tidur yang sempit. Padahal, ada banyak sumber yang menyajikan berbagai tipsnya.

Sebagaimana dinukil dari beberapa sumber, berikut ini tips menghias kamar tidur yang sempit:

1. Letakkan Furniture Mepet ke Dinding

Usahakan menempatkan furnitur besar seperti tempat tidur, meja belajar, lemari dan sebagainya mepet ke dinding kamar. Hal ini dapat membuat kamar tidur sempit menjadi lebih luas karena menghemat ruang di lantai.

Tidak hanya itu, ruang gerak pun menjadi lebih leluasa karena setiap furniture tertata di setiap sudut dan menempel pada dinding kamar tidur.

2. Manfaatkan Penerangan Alami dan Buatan

Selain itu, bisa menerapkan tips berupa memanfaatkan penerangan alami berupa sinar matahari yang masuk melalui jendela. Tips ini berguna untuk mengurangi lampu listrik di dalam kamar.

Apabila penerangannya dari sinar matahari tak cukup terang, maka pasang lampu listrik yang menggantung di langit-langit kamar. Gunakan secukupnya dan hindari lampu yang diletakkan di meja.

3. Pasang Cermin

Selain untuk berkaca, cermin mampu membuat ruang sempit terlihat lebih luas. Hal ini akibat efek ilusi yang ditimbulkannya. Meski ukuran kamar tidur sebenarnya sempit, meletakkan cermin, khususnya cermin berukuran besar, dapat memberikan efek luas dan lega.

4. Gunakan Warna Cerah Untuk Cat Dinding dan Ornamen Lain

Penggunaan warna-warna cerah terbukti dapat membuat kamar yang sempit terlihat lebih luas. Adapun bisa menggunakan warna cerah seperti putih, kuning, pink, atau biru muda pada bagian dinding, lantai, serta beberapa furnitur. (trj/may)