Hobi Gowes? Ini Tips Memilih Road Bike yang Harus Dipahami

734

Pasuruan (wartabromo.com) – Olahraga bersepeda, khususnya road bike begitu digemari di kalangan masyarakat, baik pria maupun wanita. Namun, demi kenyamanan, pecinta gowes harus bisa memilih sepeda yang cocok dan aman.

Pasalnya, sepeda balap atau road bike merupakan sepeda khusus yang digunakan di trek panjang dan butuh kecepatan. Untuk itu, jangan gegabah memilih sepeda balap yang tepat atau hanya ikutan tren. 

Apalagi bagi pecinta road bike pemula. Nah, agar tidak salah memilih road bike, sebaiknya pahami tips memilih sepedah balap sebagaimana dilansir kompas.com berikut: 

1. Sesuaikan dengan Ukuran Badan 

Tips memilih sepeda balap yang pertama adalah memilih ukuran road bike yang tepat. Biasanya setiap merk sepeda sudah memberikan size chart untuk setiap ukuran tinggi badan. 

Semakin tinggi berarti ukuran sepeda road bike akan semakin besar begitu juga sebaliknya.Dalam memilih ukuran ini lebih baik konsultasi kepada teman yang lebih faham atau menggunakan jasa bike fitting untuk menemukan ukuran sepeda balap yang paling pas. 

2. Pahami Jenis Sepedanya 

Ada banyak jenis sepeda yang beredar dipasaran saat ini mulai dari endurance bike, race bike, all rounder bike, track bike, gravel bike, cycloross bike dan time trial bike. 

Jangan melihat dari segi bentuknya saja, tetapi lihatlah fungsinya karena setiap sepeda memiliki fungsi yang berbeda-beda setiap jenisnya. 

3. Pilih Groupset Road Bike yang Berkualitas 

Road bike memiliki kasta groupset mulai dari yang kelas bawah hingga kelas atas. Merk groupset yang paling banyak digunakan saat ini adalah Shimano, Sram dan Campagnolo. 

Pilih yang kualitasnya paling bagus dan sesuaikan juga dengan kebutuhan. Jangan sampai hanya mengikuti gaya-gayaan atau trend. (trj/may)