Pedagang Kelabakan, Harga Telur di Kota Pasuruan Turun hingga Rp18 ribu per Kilogram

4269
Pedagang Kelabakan, Harga Telur di Kota Pasuruan Turun hingga Rp18 ribu per Kilogram

Pasuruan (WartaBromo.com) – Harga telur ayam di Kota Pasuruan anjlok dalam beberapa hari terakhir. Saat ini harga telur menyentuh Rp18 ribu per kilogram.

Seorang supplier telur di sejumlah pasar di Kota Pasuruan, Idham mengaku, anjloknya harga telur ini sudah terjadi sejak bulan Juli kemarin.

Menurutnya, pada momen lebaran kemarin, ia menyuplai ke pedagang satu kotak berisi 10 kilogram telur dengan harga Rp210 ribu. Lalu mulai bulan Juli harga tersebut turun.

Pada tanggal 1 September kemarin harga satu kotak harga Rp174 ribu. Kemudian hari-hari selanjutnya, harga tersebut terus turun dan per hari ini harganya Rp158 ribu.

“Ini sekarang sisa 10 kotak. Saya jual besok. Kalau besok harganya turun, katakanlah Rp5 ribu, ya rugi,” ujarnya, Kamis (16/09/2021).

Menurut Idham, setiap selesai momen hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha, harga telur mengalami penurunan. Namun begitu, saat ini penurunan harga lebih parah dibanding tahun-tahun lalu.

“Awal pandemi sebenarnya lebih parah. Tapi hanya sebentar. Yang sekarang lumayan lama,” imbuh Idham.

Terpisah, Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pasuruan, Sugianto mengatakan, bahwa saat ini stok persediaan telur melimpah, sementara permintaan di pasar turun.

Sugianto membeberkan, harga telur di empat pasar yang ada di Kota Pasuruan per hari ini, Kamis (16/09/2021), rata-rata Rp18 ribu per kilogram, sementara harga normalnya Rp22 ribu sampai Rp24 ribu per kilogram.

“Mungkin mulai bulan-bulan depan, lalu menjelang natal dan tahun baru mulai naik lagi,” kata Sugianto. (tof/may)

Simak videonya: