Pemkot Probolinggo Gandeng Bank Daerah, Suntik Modal UMKM

672

Mayangan (WartaBromo.com) – Pemkot Probolinggo, menggandeng bank daerah (Bank Jatim) untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu cara yang ditempuh adalah, memberikan kemudahan suntikan modal pada UMKM.

Pemerintah dalam hal ini memberikan kemudahan akses permodalan UMKM, melalui kredit usaha rakyat. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo, Fitriawati menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan informasi tentang akses permodalan dan pembiayaan pada pelaku UMKM melalui kredit usaha rakyat.

“Mengoptimalkan penyerapan kredit usaha rakyat, sehingga tepat sasaran dan meningkatkan kapasitas daya saing UMKM. Serta mendorong peningkatan perekonomian daerah di tengah pandemi covid-19,” jelasnya, Senin (27/9/2021).

Sekda Kota Ninik Ira Wibawati menjelaskan, Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini sebagai program prioritas pemerintah dalam mendukung UMKM berupa pemberian kredit atau pembiayaan modal kerja.

“Pemerintah Kota Probolinggo bersama Bank Jatim sebagai bank penyalur KUR bersinergi mendorong peningkatan perekonomian UMKM di Kota Probolinggo sehingga skala usaha bisa naik dan berkembang,” ujarnya.

Ninik juga menyampaikan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 581/6871/SJ Tahun 2015 tentang kredit usaha rakyat kepada seluruh gubernur dan bupati/wali kota seluruh Indonesia agar pemerintah mendukung dan aktif dalam program pelaksanaan KUR dan menyiapkan data UMKM calon penerima KUR supaya tepat sasaran.

“Tugas pemerintah daerah yakni mengindentifikasi data calon penerima KUR oleh bank penyalur KUR sehingga dapat dibiayai dengan penanggung jawab Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk keperluan pengembangan dan pendampingan usaha penerima KUR di wilayah masing-masing,” imbuh mantan Kepala Dinas Kesehatan ini.

Pelaku UMKM pun sangat antusias mengikuti program ini. Ada sekitar 90 orang yang ikut terlibat. Dengan latar belakang berbagai macam usaha kecil. Upaya ini diharapkan bisa mendorong daya beli dan menumbuhkan geliat UMKM di Kota Probolinggo. Agar dapat tercapai kesejahteraan bagi masyarakat Kota Probolinggo. (lai/saw)