Kebakaran Hutan di Kawasan Bromo Terjadi di Dua Titik Ini

520
Hutan di kawasan Bromo yang terbakar sejak Sabtu (9/10/2021) malam. Foto: Istimewa.

 

Tosari (WartaBromo.com) – Kebakaran melanda kawasan hutan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kebakaran melanda dua titik.

Kasi Humas dan Data TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (09/10/2021) siang pukul 10.15 WIB.

“Kejadian kemarin dan terdeteksi oleh teman-teman di lapangan antara pukul 10.15 sampai pukul 10.30 WIB,” kata Sarif.

Menurut Sarif, ada dua titik yang terbakar yakni wilayah Lundan Abang, Resor Laut Pasir dan wilayah Pondok Kawat, Resor Gunung Penanjakan.

Data yang dihimpun TNBTS, yang terbakar di antaranya semak belukar, alang-alang, dan di wilayah tersebut juga terdapat tegakan vegetasi jenis akasia dan cemara gunung.

Soal luasan lahan yang terdampak kebakaran, Sarif belum bisa membeberkan. Sampai sekarang petugas TNBTS masih melakukan penyelidikan di lapangan.

“Tadi pagi api sudah mulai bisa dikendalikan. Sekarang teman-teman masih stand by di sana. Untuk luasan dan penyebab, masih penyelidikan,” imbuh Sarif.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran yang melanda kawasan hutan TNBTS terlihat cukup besar. Berdasar gambar dan rekaman video yang didapat WartaBromo, pada malam hari api terlihat mengular laiknya naga api. (tof/asd)