Peringati Hari Santri, Ratusan Santri di Purwosari Kibarkan Merah Putih

746

Purwosari (wartabromo.com) – Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021 diperingati oleh ratusan santri di wilayah Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur pada Jumat (22/10/2021) pagi.

Sekitar pukul 06.00 WIB, Suasana lapangan Sariwangi Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari tak seperti biasa. Ratusan anak dan santri remaja tampak memenuhi lapangan bola tersebut. Mereka hendak memperingati Hari Santri dengan pengibaran bendera dan apel kebangsaan.

Para Santri TPQ dan Madin tampak berderet berjajar, mengenakan masker lengkap dengan kopyah hitam ala santrinya. Mereka ditata rapi oleh sejumlah ustadz dan Ustadzahnya.

“Kami menggelar peringatan hari santri ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, ” ujar Rofiq, Panitia acara.

Baca Juga :   Santri Merah Putih Sebut Jokowi-Ma'ruf bak "Tumbu Nemu Tutup"

Menurutnya dalam kegiatan yang digelar oleh MWC NU Kecamatan Purwosari ini, para santri yang datang diwajibkan untuk mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dalam barisan dan diminta untuk menjahui kerumunan yang tidak diperlukan di luar acara.

Sekitar pukul 06.30 WIB, puluhan anggota Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) disusul anggota Fatayat dan Muslimat yang turut bergabung dalam kegiatan tersebut.

Pantuan wartabromo.com, selama pengibaran bendera merah putih dan apel kebangsaan, acara berlangsung dengan khidmat. Salah seorang petugas apel sempat membacakan ikrar santri dengan suara lantang.

Para petugas bendera dari Badan Otonom NU IPNU IPPNU berhasil mengibarkan sang saka merah putih dengan sukses.

Baca Juga :   Curi Sabun dan Shampo, Dua Santri asal Probolinggo Dihajar Massa

“Sebagai Santri NKRI, bertanah air satu, tanah air Indonesia, berideologi negara satu, ideologi 3. Pancasila, berkonstitusi satu, UUD 1945, berkebudayaan satu, kebudayaan Bhinneka Tunggal Ika, ” ujarnya saat membacakan salah satu butir ikrar. (yog/yog)