Gempa 5,1 di Malang, Terasa Hingga Pasuruan dan Lumajang

1956

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gempa magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur, dan sekitarnya pada Jumat (22/10/2021). Getaran gempa terasa sampai di Pasuruan.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, episenter gempa terletak pada koordinat 8,81 LS; 112,49 BT, atau tepatnya berlokasi 75 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 98 km.

Getaran gempa dirasakan di Kabupaten Pasuruan seperti di Kecamatan Beji, Bangil, dan Rejoso. Khoirul Anam, warga Kecamatan Rejoso, mengaku merasakan gempa pada sekitar pukul 09.20 tadi.

“Iya agak pusing,” katanya.

Berdasar analisis BMKG, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik.

Baca Juga :   Per Tahun, Ada 334 Gempa di Jawa Timur

Djati menyebut, selain Pasuruan, beberapa daerah seperti Ponorogo, Mojokerto, Nganjuk, Lumajang, Jember, hingga Pacitan merasakan getaran gempa ini.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Djati.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak terpengaruh isu apapun yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Masyarakat juga sementara diminta untuk menghindari bangunan-bangunan yang retak akibat gempa. (tof/asd)