Temukan Potensi Tersembunyi Desa, Mahasiswa ITS Lakukan Pelatihan Pembuatan Abon Bandeng Melalui Program PHP2D

1933

Surabaya (wartabromo.com) – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Maritime Challenge (UKM MC) mengikuti kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan

Dalam program tersebut, tim memberikan pendampingan kepada masyarakat sekitar Kelurahan Blandongan, Kota Pasuruan yang memiliki potensi kawasan tambak seluas 471 Hektare. Dimana mayoritas tambak tersebut berada di Dusun Jelak. Selain karena banyaknya tambak, Dusun jelak dipilih karena ikan bandeng dari wilayah tersebut terkenal dengan rasanya yang khas

Pendampingan yang diberikan salah satunya adalah pemanfaatan potensi hasil panen tambak bandeng berupa pengolahan ikan bandeng menjadi produk abon bandeng. Hal ini guna meningkatkan nilai ekonomis dan daya saing dari produk tersebut.

Baca Juga :   Puluhan Titik Api Tersebar di Pasuruan hingga Lumajang


Pelatihan pembuatan abon ini bekerja sama dengan salah satu dosen politeknik perikanan Sidoarjo. Kegiatan ini dijalankan dengan tujuan agar masyarakat bisa membuat abon secara mandiri dan bisa membuat usaha serta lapangan pekerjaan baru.

Setelah pelatihan mahasiswa juga membantu warga dalam mendesain kemasan dan juga pemasaran baik melalui media online maupun pencarian mitra usaha.

Pendampiangan secara menyeluruh ini diharapkan bisa memastikan ilmu yang telah diajarkan dapat diaplikasikan oleh masyarakat secara berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan filosofi program PHP2D yang disampaikan oleh Ketua Tim PHP2D UKM, Kiramim Bararah saat memberikan sambutan pada pembukaan acara pelatihan.

“PHP2D ini adalah program pemberdayaan berkelanjutan yang harus berdampak untuk masyarakat, kegiatan-kegiatan sosial mahasiswa selama ini seperti baksos dan medical check-up sudah bagus tapi belum berdampak secara berkelanjutan, melaui program berbentuk seperti ini kami mencoba selangkah lebih maju dari biasanya,” ujarnya.

Baca Juga :   Gus Sholah Meninggal Dunia, hingga Alumni Al-Yasini di Cina Minta Dikirimi Berkah Alfatihah | Koran Online 3 Feb


Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu rumah warga Dusun Jelak, yang dihadiri sebanyak 20 ibu-ibu. Turut hadir dalam acara tersebut ibu Camat Bugul Kidul serta ibu Lurah Blandongan.

Selain menyasar ibu-ibu melalui program pelatihan dan pemasaran abon, tim PHP2D UKM MC juga melakukan pelatihan tambak bandeng percontohan untuk masyarakat petambak di Dusun Jelak.

Tim PHP2D UKM MC ini terdiri dari Kiramim Bararah, Jihan Yumna Nabila, Muhammad Rizki Rahman, Nur Annisa Kusumawardani, I Made Yoga Sathya Wibawa, Janitra Adiyatma Ramadhani, Ferry Badriawan.

Ada juga Ahmad Qaedi Luthfi, Gede Bagus Dendy Mahaputra P, Dinar Rasta Fara, Fadelina Yuara Ayu Setyawan, Pupril Tri Erdianto, Alifa Yulianti, Gianni Masyitah Dwi Arimbi Puteri Yassin, Lutfi Bimantara, Ilham Akbar S., Muhammad Razzaq, Daniel Shallom Santoso, Muhammad Abid Abimanyu, Mochammad Fatkhul Hadi. (**/**)