Peringati Sumpah Pemuda ke-93, Gus Ipul Ajak Pemuda Bangkit dari Pandemi

843

Pasuruan (wartabromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengajak para pemuda bersatu melawan dan bangkit dari pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikannya saat memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, di Halaman depan Kantor BKD Kota Pasuruan, Kamis (28/10/2021).

“Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh” Untuk itu, kita harus bersatu, kemudian bangkit agar perekonomian tumbuh dengan baik dan kemajuan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Kota Pasuruan itu mengapresiasi peserta yang hadir. Pasalnya, semua mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah dan suku yang ada di Indonesia.

“Dengan memakai pakaian adat, kita semua membuktikan bahwa semua yang ada di sini bersama-sama mengenang jasa perjuangan pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan RI,” kata Gus Ipul.

Baca Juga :   Perempuan di Pasuruan Ramai-ramai Gugat Cerai Suaminya

Tak hanya itu, Gus Ipul juga mengajak peserta upacara membayangkan perjuangan para pemuda di tahun 1928. Dimana saat itu mereka memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia sekalipun belum ada teknologi canggih seperti sekarang.

“Mari kita renungkan bersama, bagaimana pemuda-pemuda terdahulu memiliki tekad yang sangat luar biasa, hingga kemudian karena tekad itu pula melahirkan karya-karya besar diantaranya lahirnya Pancasila dan memerdekakan Republik Indonesia,” tuturnya.

Oleh karena itu, tambahnya, momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati ini harus dijadikan sebagai perekat persatuan dan kesatuan antar anak bangsa. Lebih lagi di saat pandemi seperti sekarang, harus bangkit bersama melawan pandemi.

“Momentum hari sumpah pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh,” pungkasnya. (trj/**)